Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Program Sejuta Rumah, BTN Gandeng Muhammadiyah

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kian ekspansif menyalurkan pembiayaan untuk program satu juta rumah. Terbaru, perseroan menggandeng Muhammadiyah untuk kerja sama pemberian pembiayaan pemilikan rumah.
BTN menggandeng Muhammadiyah kerjasama pemberian KPR/ilustrasi
BTN menggandeng Muhammadiyah kerjasama pemberian KPR/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kian ekspansif menyalurkan pembiayaan untuk program satu juta rumah. Terbaru, perseroan menggandeng Muhammadiyah untuk kerja sama pemberian pembiayaan pemilikan rumah.

Direktur Utama BTN Maryono menuturkan dari kerja sama ini, perseroan akan memberikan pembiayaan berbasis iB kepada Muhammadiyah dalam pemilikan rumah bagi anggotanya.

"Kerja sama dengan Muhammadiyah ini menjadi terobosan yang kami lakukan agar seluruh anggota Muhammadiyah bisa menikmati fasilitas pembiayaan pemilikan rumah, sekaligus mendukung program satu juta rumah," ujar Maryono usai penandatangan naskah perjanjian kerja sama di Gedung Dakwah Muhammadiyah di Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Selain bakal menyalurkan pembiayaan, lanjut Maryono, BTN juga bakal mengincar menjadi bank penempatan dan pengelolaan dana lembaga Muhammadiyah.

Maryono merinci hingga kini ada sekitar Rp20 triliun dana beredar dalam bisnis yang dikelola Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Adapun, dalam perjanjian kerja sama yang diteken dua instansi tersebut, ruang lingkup kerja samanya yakni dalam bentuk pengelolaan dana dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito, pembayaran gaji pegawai amal usaha Muhammadiyah, pemanfataan jasa perbankan dan fasilitas pembiayaan lainnya, serta cash management system.

Sementara itu, hingga September 2015, unit usaha syariah (UUS) BTN telah mencatatkan aset senilai Rp13,18 triliun atau naik 25,19% y-o-y. UUS BTN juga disebutkan telah menghimpun dana masyarakat senilai Rp10,5 triliun atau naik 32,75% y-o-y.

Per kuartal III/2015, UUS BTN juga telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp10,51 triliun atau naik 14,99% y-o-y. Dengan kinerja tersebut, unit syariah ini mencatatkan keuntungan sebesar Rp196,09 miliar atau naik 44,52% y-o-y per September 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper