Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Targetkan Penyaluran Kredit Tumbuh 12,5% Tahun Depan

PT Bank DKI menargetkan penyaluran kredit tumbuh 12,5% pada 2016 dari realisasi sepanjang tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Bank DKI menargetkan penyaluran kredit tumbuh 12,5% pada 2016 dari realisasi sepanjang tahun ini.

Direktur Bisnis Bank DKI Antonius Widodo Mulyono mengatakan penyaluran kredit mikro saat ini masih berkisar Rp200 miliar. Sementara itu, penyaluran kredit usaha kecil dan menengah mencapai Rp1,4 triliun.

"Tahun depan kami targetkan naik 12,5% dari realisasi 2015," ujarnya.

Dia menuturkan Bank DKI berharap adanya kenaikan penyaluran kredit di sektor mikro seiring beroperasinya PT Jamkrida DKI secara optimal. Pasalnya, kata dia, saat ini banyak pelaku usaha mikro yang memiliki potensi bisnis baik, tetapi tak memiliki agunan untuk menjamin kredit.

Lebih lanjut, dia mengatakan BUMD DKI tersebut hanya akan menyalurkan kredit kepada pedagang kaki lima (PKL) yang terdaftar di lokasi binaan (lokbin). PKL-PKL tersebut sebagian besar sudah menjadi mitra binaan Dinas Koperasi dan UMKM DKI Jakarta.

"Rencananya, pertengahan Desember nanti akan dilangsungkan akad kredit bagi PKL yang berjualan di kawasan Kota Tua. Kami optimis acara tersebut bisa meningkatkan penyaluran kredit mikro di Bank DKI," katanya kepada Bisnis, Minggu (6/12/2015). 

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan perseroan hingga September 2015, penyaluran kredit Bank DKI sebesar Rp20,93 triliun atau terkoreksi 4,67% dari akhir tahun lalu Rp21,95 triliun.

Sejalan dengan penurunan tersebut, laba Bank DKI pun tercatat menurun hingga 77,29% menjadi Rp142,26 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp626,37 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper