Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Kepercayaan Itu Pinjaman

Duit itu ada pemiliknya. Jadi, bayangkan duit itu sama dengan orang. Duit sama dengan orang, jadi mengerti duit sama dengan mengendalikan kepercayaan orang. Kepercayaan itu pinjaman.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Bila Anda memikirkan duit itu benda seperti barang-barang di mall seperti mobil, jam tangan, tas wanita, atau belanja sayuran, maka kepala bisa pusing. Bila Anda memikirkan duit itu kredit tanpa agunan, ini yang disebut gali lubang tutupnya kapan.

Bila Anda memikirkan duit itu seperti seorang pangeran, ya anda benar. Duit itu ada pemiliknya.  Jadi, bayangkan duit itu sama dengan orang. Duit sama dengan orang, jadi mengerti duit sama dengan mengendalikan kepercayaan orang. Kepercayaan itu pinjaman.

Misalnya anda punya rumah gedong toh anda tidak mungkin bawa ke mana-mana tapi kepercayaan anda pinjam dari rumah gedong Anda. Anda tidak perlu bawa jam mewah atau tas mewah bila rekening Anda Rp5 miliar. Masak membawa-bawa emas 2 kg?

Jadi, kepercayaan itu pinjam. Kalau teman Anda punya rumah gedong, kan Anda bisa deal numpang rumahnya teman. Kalau Anda bawa teman (kaya) toh Anda dipercaya sama saja.

Uang dikendalikan dengan cara Anda pinjam kepercayaan teman (kaya).

INILAH 4 SIFAT-SIFAT DUIT
Mengapa saat umur 30-40 tahun hidup terasa sulit?  Inilah sifat-sifat duit.

1. Saat umur 20an hidup adalah trial and error segala macam dicoba dan cenderung untuk mandiri. Saya bisa! Namun kenyataannya timbul expectation gap atau perbedaan harapan dengan kenyataan.  Saat mulai membeli rumah, kok kecil. Mulai berpikir, apa yang salah dengan hidup?.

2. Saat umur 30an hidup mulai mencari jati diri. Mulai konflik seandainya ada warisan, karena baru sadar bahwa Bisnis butuh modal. Warisan mungkin berasal dari 3 kemungkinan yaitu:
#warisan orang tua dan keluarga
#warisan keluarga istri
#warisan dari sahabat lama

Bagi yang Selamat dari point #A atau #B masih bisa bangga dan Mandiri. Selamat dari masa kritis. Bagi yang lain maka perjalanan masih panjang. Entah dengan maju sebagai posisi puncak di perusahaan, atau tertinggal.

Yang maju di posisi puncak perusahaan akan mengerti permainan power. Pada akhirnya duit mendekati kekuasaan. Akhirnya menemukan duitnya investor. Duit inilah yang menjadi 80% duit beredar. Duit ini sangat berbeda karakteristiknya dengan duit upah.

3. Masa umur 40-an bagi yang beruntung bisa menembus akses duitnya investor. Mulai menikmati manisnya duit yang sesungguhnya. Uang dijadikan alat investasi. Entah jual beli property atau perdagangan Distributor.

4. Umur 50-an menjelang masa tua sudah jelas terlihat perbedaan kekuatan uang di antara sahabat lama. Akhirnya terjadi kepercayaan di antara sahabat. Puncak dari relationship adalah..
#komitmen
#honeymoon
#masa konflik
#masa misery penderitaan
#respect

Akhirnya menjelang umur 50-an sudah menurun hormon testosterone dan mulai menerima kekurangan sahabat lama. Karena toh sudah tua. Inilah masa kebijaksanaan hidup. Bahwa hidup saling meminjam kepercayaan atau trust.

Penulis
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang", "Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis" yang baru terbit. goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper