Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FOMC MEETING: Dipublikasikan Kamis, Ini Prediksi Putusan Fed

Beragam prediksi dan respon merebak sejalan dengan pertemuan bank sentral AS the Federal Reserve yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari pekan ini
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA– Beragam prediksi dan respons merebak sejalan dengan pertemuan bank sentral AS the Federal Reserve yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari pekan ini.

The Federal Open Market Committee’s (FOMC) meeting digelar 26-27 April 2016 untuk membahas penentuan tingkat suku bunga acuan. Kamis dini hari WIB keputusan kebijakan dan langkah-langkah yang diambil the Fed akan diumumkan.

The Fed diprediksi akan mempertahankan tingkat suku bunga acuannya di angka saat ini 0,50%. Namun, tantangan fundamental para pembuat kebijakan sendiri terkait dengan penentuan kenaikan tingkat suku bunga di bulan Juni mendatang.

Senior director of the Oregon Economic Forum University of Oregon Timothy A. Duy, seperti dikutip Bloomberg, rabu (27/4/2016), mengungkapkan peluang opsi kenaikan tingkat suku bunga terbuka di bulan Juni. Sehingga akan nyingkirkan kemungkinan kebijakan kenaikan suku bunga pada pertemuan kali ini. The Fed masih perlu menunggu data tambahan seperti laporan kepegawaian dan prediksi PDB sebelum menaikkan tingkat suku bunga.

Akan tetapi, kenaikan tingkat suku bunga di bulan Juni pun dirasa masih sulit seiring dengan banyaknya rilis data dan laporan sepanjang pertemuan April dan Juni, sehingga mungkin menahan the Fed untuk menyatakan peningkatan suku bunga di bulan Juni dalam hasil rapatnya (FOMC meeting) besok.

Namun, pernyataan dovish Presiden Federal Reserve Eric Rosengren dapat menantang prospek pasar untuk suku bunga dan membuka peluang kenaikan di bulan Juni.

Indikasi kuat yang serupa atas peluang kenaikan suku bunga juga terbuka di kuartal keempat tahun ini dengan mengarah kepada tingkat pekerja maksimal dan inflasi 2%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper