Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Cara Menembus Barrier Distributor Nasional

Saya ingin mengupas rahasia mengapa jalur perdagangan melalui distributor tidak bisa terbuka.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Saya ingin mengupas rahasia mengapa jalur perdagangan melalui distributor tidak bisa terbuka.

Coba perhatikan berita tentang produk Alanabi ini. Membaca berita tersebut seolah seperti berita biasa ada produk herbal "Alanabi" masuk ke distributor besar.  Titik. Lalu, apa yang aneh?

Mari kita pikir, berapa produk dari kalangan muslim yang bisa menembus jalur perdagangan distributor nasional? Jangankan produk muslim, produk dari kalangan Tionghoa atau produk internasional sendiri juga seringkali sulit menembus barrier perdagangan distributor besar.

1. Anda dengar merek Kymco?  Itu sepuluh tahun lalu menembus barrier perdagangan distributor sepeda motor.  Hasilnya?  Gagal.

Bajaj,  motornya keren banget. Brand V,  dan brand K,  dikenal sebagai motor China masuk ke dalam jalur distribusi perdagangan nasional. Bagaimana hasilnya?  Anda tahu sendiri, motor China belum dikenal sebagai motor yang bagus.

2. Pernah dengar jamu herbal kulit manggis.  Mereknya terkenal,  Bagaimana hasilnya dalam menembus barrier perdagangan distributor besar?  Iklannya sekarang jadi toko online.

Itu seperti Anda menjual handphone merek China,  di toko sendiri,  milik sendiri,  khusus toko Anda,  online.  Pembelinya kebanyakan direct selling. Mengapa?  Karena tidak mudah menembus barrier perdagangan distributor besar.

Distributor besar itu memang sejarahnya dikuasai rokok,  obat, dan toiletries deterjen itu sudah lama disebut sembako sembilan bahan pokok termasuk miinyak goreng,  dll. Mungkin betul,  tapi kita tidak bisa berpikir asal begitu,  seperti TKW jadi asisten rumah tangga,  belum tentu.  Philipino tidak.  Mereka barista, pelayan restoran,  perawat rumah sakit.

Jadi kita harus berpikir bagaimana caranya menembus barrier perdagangan distributor besar.

3. Mulai dengan power. Ya, power.  Misalnya coba Anda perhatikan jalur asisten rumah tangga,  PRT  ya betul. Coba anda perhatikan jalur inipun tidak terbuka. Kita sulit mencari PRT sembarang orang.  Bagaimana kita memastikan PRT  tersebut tidak mencuri,  menyiksa anak?  Tidak menculik,  dll. Artinya kita harus mencari sumber power menembus jalur PRT.

Logika ini mirip dengan barrier perdagangan distributor besar di Indonesia. Power atau kekuasaan,  ini mirip jaringan PLN terhubung dari SUTET sampai ke meteran di pulsa di depan pintu.

Intinya mempelajari cara menembus barrier perdagangan distributor besar di Indonesia adalah dengan pendekatan perilaku kekuasaan.  Semoga masyarakat umum bisa sekolah Ilmu kekuasaan.  Melek kekuasaan paham Ilmu perilaku kekuasaan supaya tidak sejak jaman VOC ini ditutup-tutupi.

Saya memiliki teori mengerti rahasia Rezeki sebagai rahmat pengampunan Tuhan itu mengikat relationship dengan orang terdekat dan menghasilkan power berkah,  disebut ikatan berkah.  Sudah saya tulis dalam buku saya. Buat saya, life is how to make the sun brighter.

Penulis
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang", "Hidup Merupakan Pembesaran Berkah" yang baru terbit. Email: goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper