Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Januari 2017, 138 Lembaga Keuangan Mikro Peroleh Izin Usaha

Hingga akhir Januari 2017 tercatat sudah 138 lembaga keuangan mikro (LKM) yang memeroleh perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 13 Februari 2017  |  22:40 WIB
Januari 2017, 138 Lembaga Keuangan Mikro Peroleh Izin Usaha
Ilustrasi - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Hingga akhir Januari 2017 tercatat sudah 138 lembaga keuangan mikro (LKM) yang memeroleh perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Data OJK tentang statistik LKM menunjukkan hingga 31 Januari 2017 sebanyak 22 lembaga berbentuk perseroan terbatas (PT) telah menerima izin usaha. Sedangkan, 116 LKM lainnya yang telah mendapatkan izin usaha berbentuk koperasi.

Heru Juwanto, Kepala Departemen Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) I B OJK, mengatakan pihaknya akan terus mendorong LKM di berbagai daerah untuk memeroleh izin usaha.

Salah satu strateginya dengan menggandeng kelompok usaha tani dan nelayan. Menurutnya, melalui wadah tersebut sosialisasi pengurusan akan lebih efektif.

Selain itu, kelompok usaha tersebut akan memberikan peluang pengembangan bisnis kepada setiap LKM anggotanya sehingga mampu membentuk badan usaha yang berizin resmi dari OJK.

“Kami akan sasar kelompok tani dan nelayan. LKM bisa saling membantu untuk itu,” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (13/2/2017).

Data OJK juga menunjukkan hingga Desember 2016 tercatat 129 lembaga telah memeroleh izin dari otoritas. Realisasi itu melampaui target minimal yang dipatok OJK, yakni mencapai 100 LKM hingga akhir tahun lalu.

Dari jumlah itu, sekitar 16 LKM konvensional telah memeroleh izin dari otoritas, yakni 99 berbentuk koperasi dan 17 lainnya merupakan PT. Sedangkan, 13 entitas lainnya memeroleh izin LKM dengan prinsip syariah dari OJK. Seluruh LKM syariah itu berbentuk koperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lembaga keuangan mikro
Editor : Gita Arwana Cakti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top