Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank J Trust Indonesia Raup Laba Rp42,22 Miliar

PT Bank J Trust Indonesia Tbk. mulai memperoleh laba bersih senilai Rp42,22 miliar pada kuartal I/2017. Sebelumnya, pada kuartal I/2016, perseroan masih mencatatkan rugi bersih senilai Rp34,07 miliar.
Suasana di kantor J Trust Bank/Bisnis
Suasana di kantor J Trust Bank/Bisnis

 

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank J Trust Indonesia Tbk. mulai memperoleh laba bersih senilai Rp42,22 miliar pada kuartal I/2017. Sebelumnya, pada kuartal I/2016, perseroan masih mencatatkan rugi bersih senilai Rp34,07 miliar.  

Sekretaris Perusahaan Bank J Trust Indonesia Hasiholan E. Sitorus mengatakan, pertumbuhan kinerja perseroan didukung oleh sinergi dengan grup perusahaan maupun mitra bisnis. Salah satunya, ekspansi kredit perseroan ke sektor usaha pertanian, termasuk kemitraan dengan Group Lease Finance Indonesia. 

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan terobosan sendiri maupun dengan mitra bisnis. Kami pun akan mengembangkan produk dan layanan yang berstandar Jepang untuk mendorong kinerja tetap positif sampai akhir tahun ini,” ujarnya dalam keterangan resmi pada Minggu (14/5/2017).  

Pertumbuhan laba bersih perseroan pun didukung oleh pendapatan bunga yang naik sebesar 24% menjadi Rp402,13 miliar dibandingkan dengan periode sama pada tahun lalu. Dari segi pendapatan komisi juga naik sebesar 126,1% menjadi Rp40,3 miliar.  

Pendapatan bunga perseroan disokong oleh pertumbuhan kredit yang mencatatkan kenaikan sebesar 7,09% menjadi Rp10,77 triliun dibandingkan dengan periode sama pada tahun lalu.  

Dari segi pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), perseroan mencatatkan kenaikan sebesar 16,56% menjadi Rp12,73 triliun dibandingkan dengan periode sama pada tahun lalu.  

Pertumbuhan kredit sepanjang tiga bulan pertama tahun ini mendapatkan dukungan dari hasil kerja sama strategis dengan Group Lease Finance Indonesia, perusahaan pembiayaan yang terafiliasi. Pasalnya, sepanjang kuartal pertama kemarin, Bank J Trust Indonesia menyalurkan kredit kepada sektor pertanian dan mikro dengan skema channeling yang merupakan hasil kerja sama dengan Group Lease Finance Indonesia.  

Adapun, Group Lease Finance Indonesia adalah perusahaan pembiayaan yang sudah beroperasi sejak 2016 di Indonesia. Perusahaan pembiayaan itu memiliki 28 titik penjualan hasil kerja sama dengan Bank J Trust Indonesia.  

Dari delapan titik penjualan itu mencakup berbagai wilayah di Indonesia dari Aceh sampai Papua. Group Lease Finance Indonesia pun fokus mengembangkan bisnis ke sektor pertanian, seperti menyediakan alat-alat pertanian lewat kerja sama dengan Kubota Machinery Indonesia dan program Bersama Membuat Impian (BMI).  

Harapannya, kerja sama dengan Kubota membuat Bank J Trust Indonesia dan Group Lease Finance Indonesia bisa mendorong sektor pertanian memiliki peralatan teknologi terbaik dan membuka akses keuangan kepada rumah tangga yang sampai saat ini belum menggunakan fasilitas keuangan, seperti perbankan maupun perusahaan pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper