Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Kata Bos BCA Soal Debitur Bank Minimal Rp1 Triliun Wajib Listing

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan mewajibkan perusahaan dengan utang bank di atas Rp1 triliun untuk melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 05 Juli 2017  |  21:40 WIB
Jahja Setiaatmadja - Antara
Jahja Setiaatmadja - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan mewajibkan perusahaan dengan utang bank di atas Rp1 triliun untuk melakukan initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. 

Menurut pandangan Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), rencana tersebut akan membawa dampak positif dan negatif sekaligus. 

"Bagus untuk segi keterbukaan dan transparansi namun buat bank kecil akan menambah ekstra biaya. Dan sejauh ini pun minat investornya belum banyak," katanya kepada Bisnis, Rabu (5/7/2017). 

Kendati begitu, Jahja mengungkapkan, wacana tersebut harus disambut dan diterapkan dengan optimistis. "Kita harus optimis untuk mencoba dan memasyarakatkannya dengan baik," tuturnya. 

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Tito Sulistio menyatakan pemerikan akan mewajibkan perusahaan-perusahaan dengan utang bank minimal Rp1 triliun untuk melantai di BEI. 

Hal ini dikatakannya usai berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani berserta OJK dan Bank Indonesia yang berkunjung ke BEI pada Selasa (4/7) lalu. 

Menurut Tito, selain layak, perusahaan memiliki kewajiban untuk melakukan hal itu sebab dana pinjaman di bank merupakan dana publik sehingga masyarakat berhak tahu identitas dan kinerja dari perusahaan peminjam di bank, terutama yang berjumlah besar.  

Perusahaan-perusahaan peminjam tersebut pun punya kewajiban untuk mempertanggungjawabkan dana masyarakat yang diperoleh secara tidak langsung melalui bank tersebut.

Bursa mencatat sedikitnya ada 120 perusahaan yang memenuhi kriteria tersebut. Sebelum ada peraturan sebagai dasar hukum, saat ini BEI masih mengajak dan mengimbau perusahaan untuk melakukan IPO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca jahja setiaatmadja
Editor : Farodilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top