BI Buka Kantor Perwakilan di China

Bank Indonesia membuka kantor Kantor Perwakilan BI di Beijing dan merupakan kantor perwakilan BI ke-5 di luar negeri setelah dibuka di Tokyo, London, Singapura, dan New York.
Dini Hariyanti | 12 Januari 2018 11:23 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo memberikan paparan saat konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (16/11). - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Indonesia membuka kantor Kantor Perwakilan BI di Beijing dan merupakan kantor perwakilan BI ke-5 di luar negeri setelah dibuka di Tokyo, London, Singapura, dan New York.

Siaran pers Bank Indonesia yang dirilis hari ini Jumat (12/1/2018) menyebutkan Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo dan Gubernur People’s Bank of China (Bank Sentral China) Zhou Xiaochuan menandatangani kesepakatan tentang Pendirian Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing, Tiongkok.

Penandatanganan tersebut dilakukan pada 5 Januari 2018. Kesepakatan ini dinilai sebagai pencapaian penting dalam hubungan bilateral kedua bank sentral.

“Keberadaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing diharapkan dapat semakin mengoptimalkan hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara dan meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan di Tiongkok serta implikasinya bagi Indonesia,” ujar Agus.

Pendirian Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing diharapkan semakin memperkuat kerja sama antara Bank Indonesia dengan People’s Bank of China. Kantor ini juga akan memiliki peran penting sebagai penghubung utama pelaku pasar keuangan China dengan RI.

Kantor Perwakilan di Beijing ini merupakan kantor perwakilan luar negeri yang ke-5 didirikan oleh Bank Indonesia selain yang saat ini sudah ada yakni di Tokyo (Jepang), Singapura, London (Inggris), dan New York (Amerika Serikat).

 

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top