Kartu Kredit BNI Meraup Berkah Ramadan & Libur Lebaran

PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan peningkatan transaksi kartu kredit selama Ramadan dan libur Lebaran. Peningkatan transaksi didorong oleh peningkatan daya beli dan berbagai promo yang diberikan.
Ilman A. Sudarwan | 24 Juni 2018 20:37 WIB
Karyawati Bank BNI menghitung uang Rupiah, di Jakarta, Senin (3/4/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan peningkatan transaksi kartu kredit selama Ramadan dan libur Lebaran. Peningkatan transaksi didorong oleh peningkatan daya beli dan berbagai promo yang diberikan.

General Manager Divisi Bisnis Kartu BNI Okky Rushartomo Budiprabowo mengatakan, sepanjang momentum Lebaran antara Mei dan Juni, transaksi kartu kredit BNI mencatatkan pertumbuhan dari segi nilai, frekuensi, maupun rata-rata ticket size.

“Apabila dilihat, rata-rata nilai transaksi mengalami peningkatan 12%, frekuensi transaksi meningkat 4% dan rata-rata ticket size meningkat sebesar 14%,” katanya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Peningkatan tersebut, ujarnya, ditunjang oleh peningkatan daya beli nasabah BNI. Selain itu, dia mengatakan, faktor pengerek naiknya transaksi kartu kredit adalah berbagai promo dan program BNI pada sektor dining, groceries, dan wisata.

Dia mengatakan, pertumbuhan transaksi paling tinggi terdapat pada sektor transaksi di kategori dining, termasuk tempat belanja oleh-oleh. Selain itu, sektor hiburan seperti theme park, dan bioskop juga menjadi penyumbang peningkatan transaksi paling tinggi.

“Hal ini mungkin dipicu oleh libur lebaran cukup panjang yang juga bertepatan dengan liburan sekolah anak-anak,” ujarnya.

Realisasi transaksi kartu kredit selama periode tersebut sedikit melampaui proyeksi BNI. Sebelumnya, perseroan memproyeksikan peningkatan transaksi akan sama seperti tahun lalu di kisaran 10%.

So far ternyata sedikit lebih baik. Kami lihat tahun ini lebih baik secara keseluruhan, peningkatan itu juga tidak diiringi dengan adanya kendala transaksi selama lebaran, so far tidak ada,” tuturnya.

Dengan peningkatan yang positif secara umum, dia mengatakan BNI memproyeksikan pertumbuhan transaksi kartu kredit di semester II/2018 akan lebih baik dari paruh pertama. Selain itu, dia mengatakan peningkatan itu sejalan dengan target pertumbuhan tahun ini.

“Kami proyeksi pada semester II ini akan lebih baik hingga secara total masih inline dengan target pertumbuhan nilai transaksi kartu kredit BNI di kisaran 13-15% dibandingkan dengan total nilai transaksi 2017,” ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, General Manager E-Banking BNI Anang Fauzie menambahkan keseluruhan transaksi BNI, baik melalui kanal elektronik maupun kantor cabang, meningkat 21% dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kenaikan terutama di sejak seminggu sebelum lebaran, kemudian turun dan mulai stabil di hari lebaran, lalu merangkak naik lagi setelah lebaran menjadi normal transaksi harian,” katanya kepada Bisnis, Minggu (24/5).

Tag : bni
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top