Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Warga berjalan di lobi kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jakarta Timur, di Jakarta, Rabu (30/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi menaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen yang akan berlaku mulai 1 Januari 2020 bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja menjadi sebesar Rp42 ribu per bulan untuk kelas III, Rp110 ribu per bulan untuk kelas II dan Rp160 ribu per bulan untuk kelas I. - Antara
Premium

Adu Siasat Menangkis Defisit BPJS Kesehatan

07 November 2019 | 18:49 WIB
Per Oktober 2019, total utang pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan tercatat menembus Rp25,64 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA — Defisit BPJS Kesehatan sudah lama membayangi. Per 31 Oktober 2019, nilai utang pelayanan kesehatan jatuh temponya ternyata sudah menembus Rp21,16 triliun.

Secara total, BPJS Kesehatan memiliki utang pelayanan kesehatan mencapai Rp25,64 triliun pada akhir Oktober 2019. Utang tersebut terdiri atas utang yang sudah jatuh tempo, utang belum jatuh tempo, dan Outstanding Claim (OSC) alias klaim yang telah ditagihkan ke BPJS Kesehatan dan dalam proses verifikasi.

Dari jumlah tersebut, utang yang telah jatuh tempo mencapai Rp21,16 triliun atau sekitar 82 persen dari total utang pelayanan kesehatan.

Kondisi ini berpotensi membuat defisit BPJS Kesehatan kian lebar. Situasi itu pun menjadi dasar pertimbangan dilakukannya penyesuaian iuran oleh pemerintah.

"Utang BPJS Kesehatan ke rumah sakit yang sudah jatuh tempo mencapai Rp21,1 triliun. Hal itu sudah pernah BPJS Kesehatan sampaikan di Komisi IX, kalau tidak melakukan upaya konkret, pada akhir tahun bisa defisit Rp32 triliun," ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Rabu (6/11/2019).

Menteri Kesehatan Terawan dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris melakukan wawancara usai rapat tertutup di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta pada Jumat (25/10/2019)./Dok. BPJS Kesehatan

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top