Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Multifinance - Istimewa
Premium

Kala Investor Asing Berburu Perusahaan Multifinance Lokal

02 Desember 2019 | 11:16 WIB
Industri multifinance di Tanah Air semakin banyak dilirik pemodal asing. Hal ini menjadi angin segar terutama bagi perusahaan pembiayaan yang belum dapat memenuhi batas minimal modal sebesar Rp100 miliar hingga akhir 2019.

Bisnis.com, JAKARTA — Industri multifinance di Tanah Air semakin banyak dilirik pemodal asing. Hal ini menjadi angin segar terutama bagi perusahaan pembiayaan yang belum dapat memenuhi batas minimal modal sebesar Rp100 miliar hingga akhir 2019.

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2B Otoritas Jasa Keuangan (OJK)Bambang W. Budiawan mengatakan terdapat sekitar 30 perusahaan pembiayaan yang belum memenuhi standar ekuitas senilai Rp100 miliar hingga 31 Desember 2019, seperti ketentuan Peraturan OJK.

Berdasarkan POJK (POJK) 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, perusahaan pembiayaan memiliki syarat modal minimal senilai Rp100 miliar. Oleh karena itu, OJK akan mendorong setiap perusahaan untuk memenuhi persyaratan.

Sejumlah perusahaan dalam proses konsolidasi. Sementara itu, sisanya masih mencari mitra untuk meningkatkan modal. Pada saat yang sama, pemodal asing semakin agresif melihat peluang pemenuhan modal minimal perusahaan multifinance sebesar Rp100 miliar.

Bambang menyampaikan bahwa 75% dari perusahaan pembiayaan yang belum memenuhi ketentuan permodalan telah menjalin komunikasi dengan calon investor.

Menurutnya, opsi akuisisi sebagai langkah penyelamatan terbaik, alih-alih penutupan perusahaan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top