Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tabungan Emas PT Pegadaian Melesat Tembus Rp2,15 Triliun

PT Pegadaian (Persero) mencatatkan omset tabungan emas hingga Oktober 2019 mencapai Rp2,15 triliun, naik 135,45% dibandingkan dengan Oktober 2018 senilai Rp913,15 miliar.
Suasana layanan di kantor pusat Pegadaian, Jakarta, Rabu (3/7/2019)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya
Suasana layanan di kantor pusat Pegadaian, Jakarta, Rabu (3/7/2019)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) mencatatkan omset tabungan emas hingga Oktober 2019 mencapai Rp2,15 triliun, naik 135,45% dibandingkan dengan Oktober 2018 senilai Rp913,15 miliar.

Adapun dari segi volume, penjualan tabungan emas mencapai 3,22 ton per Oktober 2019, melampaui target hingga akhir 2019 sebesar 2,43 ton. Artinya, realisasi sudah mencapai 132,49% dari total target. Sejauh ini, produk tabungan emas menjadi kontributor terbesar bagi penjualan emas PT Pegadaian.

Kepala Departemen Operasional Divisi Produk Emas Pegadaian Heru Prasongko mengatakan kinerja tabungan emas naik cukup tajam seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi emas.

Perusahaan terus melakukan promosi terkait dengan tabungan emas dengan menggratiskan biaya administrasi dan biaya simpan pada saat ada event tertentu.

“Kalau dari sisi penjualan rupiahnya, [total omset seluruh produk emas PT Pegadaian] malah sudah hampir terlampaui. Dari target Rp3,3 triliun [2019], kita sudah mencapai Rp3,2 triliun karena ada harga emas yang meningkat,” katanya, Jumat (29/11).     

Sementara itu, total penjualan emas Pegadaian mencapai 4,64 ton per Oktober 2019. Adapun, target akhir tahun penjualan emas Pegadaian sebesar 5,6 ton. Artinya, realisasi sampai Oktober 2019 tercapai 85%.

Produk tabungan emas menjadi produk penjualan emas dengan kontribusi paling besar bagi perusahaan. Jumlah nasabah tabungan emas Pegadaian mencapai 3,6 juta nasabah.

Di samping itu, penjualan melalui kanal digital juga mulai meningkat. “Tapi memang lebih besar dari gerai karena pengguna dari digital baru 1 jutaan,” ujarnya.

Perlu diketahui, PT Pegadaian hanya melayani penjualan emas melalui angsuran dan tabungan emas. Sementara pembelian emas secara tunai dilayani oleh anak usahanya, PT Pegadaian Galeri Dua Empat (Galeri 24). Adapun data di atas hanya meliputi penjualan PT Pegadaian.

Tabungan emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk tabungan emas Pegadaian memungkinkan nasabah melakukan investasi emas yang dapat dilakukan dengan baik mendatangi cabang fisik maupun digital.

Untuk produk cicilan emas telah mencapai 1,20 ton per Oktober 2019 dari total target pada 2019 sebesar 2,17 ton atau sekitar 55,15%.

PT Pegadaian menargetkan total emas yang dititipkan ke Pegadaian mencapai 7,6 ton. Untuk itu, perusahaan akan menambah fitur dan jariangan penjualan lain untuk menggenjot tabungan emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper