Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi pembayaran mobile menggunakan ponsel pintar - flickr
Premium

Mengintip Arah Bisnis Bank Royal dan Bank Artos

12 Desember 2019 | 15:55 WIB
Era bank digital di Indonesia akan memasuki tahap baru mulai 2020. Pendapat ini muncul karena ada dua bank yang siap bergerak di layanan digital alih-alih konvensional mulai 2020. Kedua bank ini adalah PT Bank Artos Indonesia Tbk. dan PT Bank Royal Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Era bank digital di Indonesia akan memasuki tahap baru mulai 2020. Pendapat ini muncul karena ada dua bank yang siap bergerak di layanan digital alih-alih konvensional mulai 2020. Kedua bank ini adalah PT Bank Artos Indonesia Tbk. dan PT Bank Royal Indonesia.

Bank Royal saat ini telah resmi menjadi anak usaha PT Bank Central Asia Tbk. Rencananya, bank yang saat ini merupakan Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) I ini akan fokus memberikan layanan digital dan diluncurkan pada pertengahan 2020.

Pascaresmi mengakuisisi Bank Royal, BCA selaku induk usaha langsung menyuntikkan modal yang tidak kecil agar naik kelas menjadi BUKU II. Bank milik grup Djarum ini berencana menyuntik dana hingga Rp700 miliar untuk Bank Royal pada 2020.

Jika sudah meningkat statusnya menjadi BUKU II, Bank Royal bisa leluasa bergerak di segmen layanan perbankan digital.

“Kami mungkin akan masuk ke market yang bank besar belum serap. Contoh ya, dealer mobil bekas ada 3.000-an, yang baru BCA cover itu 500. Masih ada 2.500 [dealer tersisa], kalau dengan [bank] digital mungkin jaminan yang ada, segala macam, bisa dikerjakan,” ujar Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja di Kompleks Parlemen RI, akhir November 2019.

Rencana untuk fokus bergerak di segmen digital juga dimiliki Bank Artos. Bank yang baru diakuisisi bankir kawakan Jerry Ng dan taipan Patrick Walujo ini akan dibawa bertransformasi untuk bergerak di segmen digital mulai 2020. Bank Artos mengincar segmen ritel serta bisnis transactional banking dengan modal teknologi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top