Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan melayani nasabah di Bank Mandiri Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (2/10/2019). - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Premium

Terbuka Celah di Perlindungan Data Nasabah

23 Januari 2020 | 08:11 WIB
Keamanan data pribadi nasabah perbankan kembali menjadi perhatian setelah terjadi dua kasus dalam waktu berdekatan.

Bisnis.com, JAKARTA — Berulangnya kasus hilang dana milik nasabah perbankan kembali menyadarkan publik tentang pentingnya keamanan data dan simpanan nasabah di bank. Masih terjadinya kasus serupa dengan modus-modus baru juga mengindikasikan ada yang belum beres dalam sistem perbankan nasional.

Baru-baru ini, dua kasus terkait hilangnya dana milik nasabah perbankan kembali terkuak. Kasus pertama menimpa wartawan senior Ilham Bintang dengan modus penggantian kartu SIM ponsel, sedangkan kasus kedua menimpa salah satu nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang kehilangan dana Rp16 juta dari rekeningnya tanpa sebab.

Dalam kasus Ilham Bintang, pelaku membajak kartu SIM ponsel miliknya di gerai PT Indosat Tbk. Berbekal kartu tersebut, pelaku diduga masuk ke sejumlah akun milik Ilham Bintang setelah mendapatkan username serta mengganti password dan PIN.

Atas kejadian itu, pada 1 Desember 2019, Ilham Bintang kehilangan seluruh saldo di berbagai akun miliknya, antara lain Tabungan Emas Pegadaian, OVO, LinkAja, Dana, Tokopedia, Bukalapak, Mitra Bukalapak, Gojek, Rekening Ponsel CIMB Niaga, BTPN Jenius, dan Bank Commonwealth. Dana yang ada di dalam akun-akun itu tercatat ditransfer pelaku ke hampir seratus rekening.

Wartawan senior Ilham Bintang melaporkan pencurian nomor kartu Subscriber Identity Module (SIM) dan pembobolan rekening bank miliknya kepada polisi./ANTARA FOTO

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top