Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Nasabah melakukan transaksi perbankan di Galeri  ATM, di Bandung, Jawa Barat, Senin (9/4/2018). - JIBI/Rachman
Premium

Bank BUMN Tetap Bersinar di Tengah Perlambatan Kinerja

27 Januari 2020 | 18:42 WIB
Bank pelat merah besar menunjukkan kinerja yang positif pada 2019, meski secara industri ada perlambatan pertumbuhan.

Bisnis.com, JAKARTA — Sepanjang 2019, tiga bank BUMN besar menunjukkan kinerja yang solid secara umum dan mengungguli kinerja rata-rata industri perbankan nasional. Kendati demikian, perlambatan pertumbuhan tidak dapat dicegah.

BRIPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI berhasil mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 8,4 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) sepanjang 2019, menjadi Rp908,8 triliun. Capaian ini jauh di atas kinerja kredit industri yang hanya tumbuh 6,08 persen yoy.

Faktor utama penopang pertumbuhan kredit BRI adalah kinerja kredit mikro yang tumbuh tinggi, 12,1 persen yoy menjadi Rp307,7 triliun. Selain tumbuh tinggi, sekmen mikro ini juga berkontribusi 35,8 persen terhadap total portofolio kredit BRI.

“Pada 2020, diharapkan kontribusinya [sektor mikro] 40 persen dari total portofolio kredit,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso.

BRI akan terus menggenjot segmen mikro ini dengan berbagai strategi, terutama melalui pengembangan platform berbasis teknologi.

Namun, pertumbuhan kredit perseroan pada 2019, justru menjadi yang terendah dalam 5 tahun terakhir. Hal ini pun menyebabkan laba bersih perseroan tumbuh melambat dibandingkan 2 tahun terakhir, yakni hanya 6,1 persen menjadi Rp34,4 triliun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top