Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konsep BRI Kolaborasi dengan PMN & Pegadaian

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan Bank BRI akan menjadi bank yang luar biasa apabila bersinergi dengan Pegadaian dan PNM. Kolaborasi ini ditargetkan rampung pada Juni 2020 mendatang.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 28 Februari 2020  |  17:10 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso didampingi direksi lainnya menyimak pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso didampingi direksi lainnya menyimak pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) tengah menggodok skema kerja sama dengan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) guna meningkatkan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Langkah ini merupakan tindak lanjut permintaan Menteri BUMN Erick Thohir agar lembaga keuangan milik negara membantu UMKM.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan tengah mencari skema alternatif sinergi tersebut untuk memberikan nilai tambah bagi pelaku UMKM yang menikmati fasilitas pinjaman ultra mikro.

"Bentuk kerjasama yang nyata dan bisa diwujudkan dalam waktu dekat diantaranya melalui pemanfaatan Agen BRILink milik BRI yang bisa dimanfaatkan untuk nasabah PNM dan Pegadaian," kata Sunarso, dikutip melalui siaran pers, Jumat (28/2/2020).

Sunarso menjelaskan, hingga akhir Desember 2019, BRI telah memiliki 422.160 Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah transaksi yang telah mencapai Rp673 triliun dalam satu tahun.

"Dengan pemanfaatan jaringan BRI, tentu kami harap akan memudahkan nasabah PNM dan Pegadaian mendapatkan akses keuangan dan mendorong program pemerintah dalam kaitannya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Sunarso.

Di samping itu, perseroan juga tengah menyusun skema agar nasabah PNM dan Pegadaian yang telah naik kelas bisa langsung mendapat pembiayaan dari BRI sebagai upaya mendorong pelaku UMKM naik kelas.

"BRI tidak hanya memberikan fasilitas pembiayaan namun juga pelatihan dan pendampingan serta inkubasi agar para pelaku UMKM di Indonesia mampu naik kelas dan bersaing di pasar global," ujar Sunarso.

Sebelumnya, pada Rabu (26/02/2020) Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan Bank BRI akan menjadi bank yang luar biasa apabila bersinergi dengan Pegadaian dan PNM. Kolaborasi tersebut sangat memungkinkan karena ketiga perusahaan pelat merah itu memiliki fokus bisnis yang sama, yakni di segmen UMKM.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri
Editor : Anggara Pernando
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top