Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tangkal Dampak Virus Corona, Ini Stimulus dari OJK untuk Pengusaha UMKM

Sektor UMKM menjadi perhatian karena menjadi garda terdepan perekonomian Indonesia.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 13 Maret 2020  |  11:46 WIB
Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memberikan kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. - istimewa
Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memberikan kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan relaksasi berupa kemudahan restrukturisasi dan penundaan pembayaran pokok maupun bunga pinjaman yang efektif mulai pekan 

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan jumlah kredit yang disalurkan ke sektor UMKM mencapai  Rp1.100 triliun. Selain itu, UMKM tersebut juga merupakan garda depan dalam perekonomian Indonesia sehingga perlu diberikan kemudahan untuk menangkal dampak ekonomi penyebaran virus corona (Covid-19). 

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan relaksasi pengaturan mengenai penilaian kualitas aset kredit. Pelonggaran diberikan  untuk debitur terdampak penyebaran virus corona dengan pinjaman plafon sampai dengan Rp10 miliar. Penilaian kualitas kredit hanya mencakup satu aspek, yaitu ketepatan pembayaran pokok dan atau bunga. 

UMKM dengan pinjaman tidak terbatas nilainya dapat dikategorikan lancar dengan proses restrukturisasi. Industri perbankan juga diberikan fleksibilitas berupa memilih dan memberikan stimulus kemudahan bagi nasabah UMKM berupa pembayaran pokok maupun bunga. 

"Apakah pokok dan bunga silahkan, sektor silahkan saja, apabila berdampak sektor apapun bisa diberikan kemudahan itu," katanya dalam Konferensi Pers Stimulus Kedua Penanganan Dampak Covid-19, Jumat (13/3/2020). 

Menurut Wimboh,  industri perbankan diminta segera melakukan perhitungan kolektibilitas sehingga kebijakan ini bisa diterapkan. Selain itu, dengan kebijakan ini, industri perbankan diharapkan bisa memberikan ruang lebih luas untuk tetap memberikan pinjaman atau kemudahan bagi sektor UMKM. 

"Di samping itu, melanjutkan stimulus, perbankan ruang gerak lebih luas, kalau kategorikan lancar sehingga pembentukan provinsi akan sedikit," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm OJK Virus Corona
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top