Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Disinformasi, BI Update Kurs Rupiah, Yield SBN, dan Dolar Indeks

Bank Indonesia kini menyediakan update terkini soal perkembangan rupiah, dolar indeks dan imbal hasil SBN sehingga tidak ada disinformasi.
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan mengenai hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank di Indonesia melalui teleconference di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Divisi Komunikasi Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan mengenai hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank di Indonesia melalui teleconference di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Divisi Komunikasi Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Mencermati kondisi perekonomian Indonesia khususnya sebagai dampak penyebaran Covid-19, Bank Indonesia menyampaikan perkembangan indikator stabilitas nilai Rupiah secara periodik. Indikator dimaksud adalah nilai tukar dan inflasi, sebagai berikut :

Perkembangan Nilai Tukar 16-20 Maret 2020

Pada akhir hari Kamis, 19 Maret 2020 :

-Rupiah ditutup melemah di Rp15.900.

-Yield SBN (Surat Berharga Negara) 10 tahun naik ke 7,95 persen.

-DXY (Indeks Dolar) menguat ke level 102,76.

-Yield UST Note 10 tahun naik ke level 1,140 persen.

Pada pagi hari Jumat, 20 Maret 2020 :

-Rupiah dibuka stabil di level di Rp.15.850.

-DXY (Indeks Dolar) menguat ke level 102,83 .

Aliran Modal Asing (Minggu ke 3 Maret 2020) :

Premi CDS (Currency Default Swap) Indonesia 5 tahun naik ke 251 bps per 19 Maret 2020 dari 172 bps per 13 Maret 2020.

Berdasarkan data transaksi 16-19 Maret 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net jual Rp28,60 triliun dengan net jual di pasar SBN sebesar Rp26,94 triliun dan di pasar saham sebesar Rp1,66 triliun.

Berdasarkan data setelmen 16-19 Maret 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net jual Rp37,83 triliun. Selama 2020 (ytd), nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat net jual Rp105,14 triliun (termasuk data crossing saham), terutama dikontribusi dari pasar SBN (Surat Berharga Negara).

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengungkapkan bank sentral terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar.

"Untuk itu, Bank Indonesia terus meningkatkan intensitas stabilisasi di pasar DNDF [Domestic Non Deliverable Forward], pasar spot, dan pembelian SBN [Surat Berharga Negara] dari pasar sekunder," ujar Onny, Jumat (20/3/2020).

Terkait dengan inflasi, Survei Pemantauan Harga (SPH) pada minggu III Maret 2020 menunjukkan inflasi Maret 2020 sampai dengan minggu ketiga diperkirakan sebesar 0,11 persen (mtm), lebih rendah dari bulan sebelumnya. Sehingga secara tahun kalender sebesar 0,78 persen (ytd), dan secara tahunan sebesar 2,98 persen (yoy).

Penyumbang inflasi pada periode laporan antara lain berasal dari komoditas emas perhiasan (0,05 persen), jeruk (0,03 persen), telur ayam ras (0,03 persen), gula pasir (0,02 persen), bawang merah, kangkung, bayam, nasi dengan lauk dan bahan bakar rumah tangga masing-masing sebesar 0,01 persen mtm.

Sementara itu, komoditas utama yang menyumbang deflasi yaitu cabai merah (-0,08 persen), cabai rawit (-0,03 persen), bawang putih, tomat, daging ayam ras, minyak goreng dan angkutan udara masing-masing sebesar -0,01 persen mtm.

"Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga dari minggu sebelumnya antara lain jeruk dan bawang merah. Sementara komoditas yang mengalami penurunan harga adalah cabai merah," ujar Onny.

Ke depannya, BI juga terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan OJK untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper