Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Khawatir, BI Sudah Siapkan Persediaan Uang di ATM Rp450 Triliun

Selain memastikan pasokan, BI juga telah mengganti uang kertas yang berasal dari bank dengan uang baru.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  16:25 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan pers melalui streaming di Jakarta, Kamis (26/3 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan keterangan pers melalui streaming di Jakarta, Kamis (26/3 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan uang tunai di tengah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

Menurutnya, pasokan uang tunai yang tersedia di anjungan tunai mandiri (ATM) saat ini lebih dari cukup.

"Supply uang tunai saat ini lebih dari cukup. Totalnya ada Rp450 triliun, cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga enam bulan ke depan," katanya saat siaran di Channel Youtube Bank Indonesia, Kamis (26/3/2020).

Selain memastikan pasokan, BI juga telah mengganti uang kertas yang berasal dari bank dengan uang baru.

Pasalnya, uang kertas yang beredar di masyarakat berpotensi menjadi sarana penularan (carrier) virus corona. Uang kertas dari bank, lanjutnya, sudah dikarantina oleh petugas BI.

"Saya sudah menginstruksikan agar 46 kantor perwakilan BI di daerah segera mengganti uang di ATM dengan yang baru," lanjutnya.

Perry juga meminta masyarakat menggunakan transaksi nontunai, misalnya melalui mobile banking, internet banking, dan QRIS.

Selain lebih bersih dan bebas virus, transaksi nontunai juga bisa lebih murah, efektif, dan efisien. Transaksi nontunai juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

"Kalau nontunai bisa dilakukan di rumah. Sejalan dengan instruksi pemerintah agar masyarakat work from home dan social distancing selama penanganan Covid-19," ujar Perry.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Rupiah atm
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top