Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pejalan kaki melintas di depan kantor Kookmin Bank di Korea Selatan - Bloomberg
Premium

Melihat Ekspansi Perbankan Korsel ke Tanah Air

15 Juni 2020 | 21:26 WIB
Meski perbankan asal Korsel di Tanah Air terus bertambah, tapi kinerja mereka masih belum sepenuhnya dapat memenangkan pasar. Ini terlihat dari kinerja laba 5 tahun terakhir.

Bisnis.com, JAKARTA - Industri perbankan Indonesia tetap menarik bagi investor asing. Di tengah pandemi yang berimbas ke meningkatnya restrukturisasi kredit yang telah menembus Rp609,07 triliun per 2 Juni 2020, pengumuman masuknya investasi baru tetap berlanjut.

Salah satu negara yang kepincut investasi di sektor perbankan Indonesia adalah Korea Selatan (Korsel). Terbaru, menambah investasi sebelumnya, KB Kookmin Bank disebutkan tengah dalam proses negosiasi menaikkan porsi kepemilikan di PT Bank Bukopin Tbk. (BBKP).

Dalam keterangan tertulis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), disebutkan KB Kookmin Bank telah melakukan penempatan dana di rekening penampung per 11 Juni 2020. Dana jumbo itu disebutkan sebagai bukti keseriusan KB Kookmin menjadi pemegang saham pengendali Bukopin.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo menyebutkan saat ini, sedang dilakukan proses finalisasi secara legal dan administratif menindaklanjuti persetujuan prinsip yang telah dikeluarkan regulator. Persetujuan prinsip itu yakni menjadikan Kookmin Bank sebagai Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Bukopin.

“OJK mendukung Kookmin Bank sebagai investor. [Kami] memantau pelaksanaan RUPS dan RUPSLB masuknya Kookmin Bank yang akan menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas Bank Bukopin,” kata Anto, Senin (15/6/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top