Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi Bank - Istimewa
Premium

Menakar Penguatan Organisasi untuk Digital Banking

29 September 2020 | 22:15 WIB
Pengembangan digital banking perlu diikuti pula dengan penguatan dari sisi tata kelola organisasi guna menjamin inovasi dapat efektif dan berkelanjutan.

Bisnis.com, JAKARTA - Digital banking, baik berupa penguatan bisnis transaksi digital maupun adopsi teknologi baru oleh perbankan, merupakan sebuah hal yang tak dapat lagi dielakkan, khususnya di era pandemi tahun ini.

Hanya saja, hal ini perlu diikuti pula dengan penguatan dari sisi tata kelola organisasi guna menjamin inovasi dapat efektif dan berkelanjutan.

Seperti diketahui, masa pandemi berkontribusi mendorong pertumbuhan bisnis digital yang cukup signifikan pada pandemi tahun ini. Hampir seluruh bank melaporkan peningkatan jumlah transaksi yang cukup signifikan terutama untuk saluran mobile banking.

Perlahan nasabah pun mulai sadar bahwa semua kebutuhannya dapat terpenuhi hanya dengan sentuhan jari di gawai masing-masing. Digital banking saat ini bahkan sudah mulai mampu memfasilitasi calon nasabah baru untuk membuka tabungan secara mobile tanpa datang secara fisik. Perbankan pun mulai menggarap bisnis pengelolaan dana seperti asuransi atau bahkan investasi di aplikasi digital banking-nya.

Sebagian bank bahkan sudah mulai banyak meluncurkan fitur tambahan yakni pengajuan kredit ritel baik untuk konsumsi maupun produktif. Hal ini tentu akan menjadi terobosan paling efektif bagi perbankan tanah air yang pendaptannya masih ditopang dari pendapatan bunga.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja mengatakan semua inovasi digital banking telah dan tengah diupayakan. Meski beberapa kendala teknis kerap terjadi di lapangan akibat upgrading sistem yang cepat dan berkala, tetapi perbankan tetap mampu menjawab semua kebutuhan nasabah dan debitur yang terus berkembang pula.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top