Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan beraktifitas di dekat deretan logo-logo perusahaan asuransi di Kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Jakarta, Selasa (22/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Premium

Historia Bisnis: Bancassurance dan Masa Depan Asuransi Jiwa

20 Oktober 2020 | 16:35 WIB
Bancasurrance adalah produk asuransi yang dipasarkan dalam layanan perbankan. Produk ini menggabungkan asuransi dan produk investasi untuk mengelola kebutuhan finansial jangka panjang nasabah.

Bisnis.com, JAKARTA – Bancassurance adalah kanal penjualan produk asuransi yang paling fenomenal. Setelah hanya menyumbang 10 persen pada 2005, penjualan produk asuransi dari saluran pemasaran ini mencapai 43 persen hingga akhir 2019.

Menariknya pendapatan premi kanal ini juga yang membuat Aviva Plc. dari Inggris menjual sahamnya di Astra Life kepada Astra International Tk. (ASII). Musababnya, Astra menjual Bank Permata (BNLI) oleh Astra ke Bangkok Bank. Kondisi yang menyebabkan Astra Life bukan lagi pilihan utama dalam pemasaran bancassurance di Bank Permata.

Kanal penjualan kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi ini juga terus mengalami lompatan. Produk keuangan yang lintas lembaga keuangan ini kerap dibentuk sehingga satu masa mengaburkan batas antara keduanya. Petugas bank memasarkan produk asuransi, namun produk yang dibeli tidak terkait dengan bank tempat nasabah membeli.

Akibatnya sengketa dari pemegang polis dan bank serta perusahaan asuransi kerap terjadi. Puncaknya ketika ledakan kasus Jiwasraya yang mengalami gagal bayar, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh  Santoso mendeklarasikan pada Februari 2020 lalu rencana mengatur ulang bisnis lintas lembaga keuangan ini.

"Jadinya harus kami luruskan ke depan, instrumen mana saja yang boleh dijual lewat perbankan. Kalau itu proteksi oke lah, kalau investasi nanti dulu, akan kami lihat," ujar Wimboh pada Rabu (26/2/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top