Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pecah Rekor, Suku Bunga BI Berada di Level Terendah Sepanjang Sejarah 3,75 Persen

Sebagaimana diketahui, tingkat suku bunga acuan 3,75 persen ini merupakan level terendah sejak BI-7DRR diberlakukan di Indonesia mulai dari 21 April 2016.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 19 November 2020  |  14:58 WIB
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis
Kantor Bank Indonesia - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia mengumumkan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) turun 25 basis poin menjadi 3,75 persen pada Rapat Dewan Gubernur 18-19 November 2020.

Dengan demikian, suku bunga Deposit Facility turun menjadi 3 persen dan suku bunga Lending Facility menjadi 4,5 persen.

Sebagaimana diketahui, tingkat suku bunga acuan 3,75 persen ini merupakan level terendah sejak BI-7DRR diberlakukan di Indonesia mulai dari 21 April 2016. Tidak hanya itu, berdasarkan penelusuran Bisnis, ini adalah level terendah sepanjang masa. 

"Keputusan ini mepertimbangkan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," katanya, Kamis (19/11/2020).

Sebagai catatan, BI juga melaporkan bahwa laju penyaluran kredit perbankan pada periode Oktober 2020 mengalami kontraksi sebesar -0,47 persen secara tahunan.

Rendahnya pertumbuhan kredit tersebut kata Perry sejalan dengan permintaan domestik yang masih belum kuat.

Namun di sisi lain, BI mencatat dana masyarakat atau dana pihak ketiga di perbankan tumbuh 12,12 persen secara tahunan pada Oktober 2020.

"Perkembangan terkini menunjukkan pertumbuhan kredit terkontraksi 0,47 persen year-on-year [yoy] pada Oktober 2020, sedangkan DPK tumbuh 12,12 persen yoy," katanya.

Perry menyampaikan, pihaknya tetap berkomitmen untuk mendukung penyediaan likuiditas termasuk dukungan BI ke pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia suku bunga acuan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top