Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan melayani nasabah Bank Kesejahteraan Ekonomi. - ANTARA FOTO
Premium

Bank BKE, Disemai Ayah Prabowo ‘Dipanen’ Pemilik Shopee

13 Januari 2021 | 21:01 WIB
Setelah masuknya jejaring Sea Group, pemilik Shopee, Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) digadang-gadang bertransformasi menjadi bank digital. Bagaimana perjalanan bank tersebut dan siapa saja pemilik sahamnya sekarang?

Bisnis.com, JAKARTA – Kebijakan Pakto 88 bak cendawan di musim hujan. Banyak melahirkan bank baru. Dengan duit cekak, pengusaha atau lembaga bisa mendirikan bank baru. Cukup dengan modal Rp10 miliar, kala itu.

Namun, dari ratusan bank yang lahir tak membuat Sumitro Djojohadikusumo merasa terwakili. Begawan ekonomi era Orde Baru itu merasa belum ada bank yang fokus kepada rakyat kecil. Membiayai koperasi sebagai soko guru perekonomian.

Besar dari lingkungan pergerakan, Sumitro pun bertekad untuk mendirikan sebuah bank yang fokus pada misi pemberdayaan kredit rakyat. Seperti judul disertasinya saat menyabet gelar doktor di Nederlandsche Economische Hogeschool Rotterdam, Het Volkcredietwezen in de Depressie (Kredit Rakyat di Masa Depresi) 1943.

Kebetulan orang tua Prabowo Subianto itu sudah lepas dari masa pengabdian menjadi menteri pada era Orde Baru, Menteri Perdagangan (1968-1972) dan Menteri Negara Riset (1972-1978).

Sebagai catatan, pada masa demokrasi liberal era Orde Lama, Sumitro pernah dipercaya Presiden pertama RI Soekarno menjadi Menteri Perdagangan dan Perindustrian (1950-1951) dan Menteri Keuangan (1952-1953).

Namun, karena Sumitro ikut dalam Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) di Sumatra, rezim Soekarno pun menuduhnya terlibat dalam tindak korupsi. Sumitro pun sempat melakukan ‘pengasingan’ ke sejumlah negara dan akhirnya kembali saat Orde Baru.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top