Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Alhamdullilah, Total Wakaf di Perbankan Tembus Rp328 Miliar di Akhir 2020

Sampai dengan tanggal 20 Desember 2020 total wakaf tunai terkumpul melalui dan dititipkan bank sebesar Rp328 miliar, sedangkan project based waqf mencapai sebesar Rp597 miliar.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  13:48 WIB
Alhamdullilah, Total Wakaf di Perbankan Tembus Rp328 Miliar di Akhir 2020
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan saat peluncuran progam penjaminan pemerintah kepada padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Rabu (29/7 - 2020). Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan nilai wakaf yang telah terkumpul di perbankan sudah mencapai Rp328 miliar hingga akhir 2020.

Sementara itu, total wakaf berbasis proyek sebesar Rp597 miliar.

"Sampai dengan tanggal 20 Desember 2020 total wakaf tunai terkumpul melalui dan dititipkan bank sebesar Rp328 miliar, sedangkan project based waqf mencapai sebesar Rp597 miliar," kata Sri Mulyani dalam peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah, Senin (25/1/2021).

Capaian ini, kata Sri Mulyani, sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan instrumen pembiayaan berbasis syariah, salah satunya SBSN.

SBSN berhasil membiayai proyek senilai Rp27 triliun. Sebanyak 13 kementerian telah mengikuti pembiayaan berbasis SBSN ini.

"Peningkatan luar biasa dari 2013 hanya 1 kementerian yang mengunakan SBSN," ujarnya.

Sementara itu, waqf linked sukuk kini realisasinya sudah mencapai Rp54 miliar. Menurut Sri Mulyani imbal hasil dari instrumen ini dipakai untuk program sosial.

Waqf linked sukuk adalah investasi wakaf uang pada sukuk negara yang imbalannya disalurkan oleh Nazhir (pengelola dana dan kegiatan wakaf) untuk membiayai program sosial dan pemberdayaan ekonomi umat. Ini termasuk instrumen baru yang diterbitkan Kementerian Keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan sri mulyani wakaf
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top