Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pembicara dalam Milenial Fest 2020 di Djakarta Theatre, Jakarta, Sabtu (15/8/2020). - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Premium

Restu Jokowi dan Janji Erick Thohir Saat Jadi Ketum MES

02 Februari 2021 | 06:52 WIB
Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) disebut-sebut melibatkan Presiden Joko Widodo. Apalagi, posisi itu sebelumnya selalu diisi oleh praktisi keuangan.

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Erick Thohir semula tidak diperhitungkan menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Apalagi, orang nomor satu di lembaga nirlaba itu selalu diisi oleh praktisi industri keuangan.

Namun, Menteri BUMN itu ternyata serius ingin menjadi Ketua Umum MES. Bahkan, menurut informasi yang diterima Bisnis, Erick sempat menghadap Presiden Joko Widodo untuk duduk di kursi tersebut.

Ada beberapa kandidat yang sempat muncul sebelum Musyawarah Nasional (Munas) MES digelar pada Sabtu (23/1/2021). Mereka adalah Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Ketua Umum petahana Wimboh Santoso yang juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Ya nama-nama tersebut muncul bukan mengajukan diri, tetapi diusulkan karena sistemnya musyawarah. Kemudian, yang terpilih Pak Erick,” ujar sumber Bisnis yang mengikuti dinamika di Munas MES, pekan lalu.

Restu Jokowi cukup manjur mendorong Erick Thohir menjadi Ketua Umum MES. Erick terpilih melalui keputusan 11 orang tim formatur yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin selaku Ketua Dewan Pembina MES.

Nama Erick sebenarnya bukan orang baru di ekonomi syariah. Sejak 2019, dia mendapatkan mandat jadi Wakil Ketua Umum Pengembangan Ekonomi Digital dan Keuangan Sosial Islam di Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top