Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SPIN Pay MNC Permudah Transaksi Nontunai UMKM, Kurangi Kontak Fisik di Era Pandemi

SPIN Pay, dengan dukungan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada 17 Agustus 2019 lalu, membantu para pemilik usaha UMKM untuk menerima transaksi nontunai atau cashless.
Khadijah Shahnaz Fitra
Khadijah Shahnaz Fitra - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  20:37 WIB
SPIN Pay - Istimewa
SPIN Pay - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – SPIN Pay, unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP), mendukung penuh pemilik UMKM untuk menjalankan bisnisnya dengan lebih fleksibel agar dapat berkembang.

Hal tersebut dilatari oleh pandemi yang melanda Indonesia dalam setahun terakhir. Pandemi ini pun berdampak bagi semua orang, baik pemerintah, pengusaha, hingga masyarakat menengah ke bawah.

Demi melanjutkan kelangsungan hidup, banyak orang berbondong-bondong membuka usaha baru, baik dari usaha mikro hingga usaha besar.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), pada 2018 jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai 64,2 juta dan mampu menyerap hingga 116,9 juta lebih tenaga kerja.

Pertumbuhan UMKM di masa pandemi ini, tentu memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

SPIN Pay, dengan dukungan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada 17 Agustus 2019 lalu, membantu para pemilik usaha UMKM untuk menerima transaksi nontunai atau cashless.

Selain membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 dari transaksi tunai, penggunaan QRIS juga membantu pemilik usaha UMKM dalam memperluas bisnisnya untuk semua kalangan.

"Kami terus memberikan kemudahan dan meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna aplikasi kami, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini. Melalui fitur SPIN Pay, pengguna dapat dengan mudah melakukan transaksi cashless dengan scan di semua QR code yang berlogo QRIS pada merchant store," ungkap Direktur SPIN Jessica Tanoesoedibjo, di Jakarta, Senin (8/2/2021).

Selain itu, SPIN Pay meluncurkan sebuah inovasi baru dalam melakukan transaksi menggunakan QRIS yang bekerja sama dengan e-TV Mall.

Kerja sama ini tentu semakin memudahkan para pengguna aplikasi SPIN untuk melakukan pembelian langsung dari televisi terbesar di Indonesia, yaitu RCTI, MNCTV dan GTV.

Tujuan dari inovasi dan kerja sama ini adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait meminimalisir dalam bepergian atau keluar rumah jika tidak mendesak.

SPIN Pay membuat inovasi ini supaya seluruh masyarakat Indonesia yang menjalankan aktivitasnya di dalam rumah juga tetap bisa membeli produk-produk atau barang yang dibutuhkan, hanya melalui televisi tanpa harus keluar rumah dan berinteraksi secara langsung, sehingga dapat mengurangi risiko tertular virus Covid-19.

Jessica menambahkan dengan menonton program favorit di RCTI, MNCTV atau GTV, masyarakat sudah bisa berbelanja di e-TV Mall.

"Cukup dengan scan QRIS di layar televisi menggunakan aplikasi SPIN Pay untuk produk yang ingin Anda beli dan tak perlu khawatir, karena semua produk yang dijual dijamin original,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc mnc kapital Transaksi Nontunai QRIS
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top