Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luncurkan SIAP Haji, Anak Usaha MNC Kapital Bidik 100.000 Calon Jamaah

SIAP Haji merupakan produk pembiayaan syariah berbasis web inovatif yang memberikan kemudahan bagi masyarakat muslim di Indonesia untuk melakukan pendaftaran dan perolehan porsi haji.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  14:57 WIB
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah. - Reuters/Suhaib Salem
Pelaksanaan salat di Masjidil Haram, Makkah. - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA - PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNCGUI), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP), membidik calon konsumen baru dengan meluncurkan SIAP Haji.

SIAP Haji merupakan produk pembiayaan syariah berbasis web inovatif yang memberikan kemudahan bagi masyarakat muslim di Indonesia untuk melakukan pendaftaran dan perolehan porsi haji.

Paulus Cholot Janala, Presiden Direktur MNCGUI mengatakan masa tunggu haji di Indonesia yang cukup panjang membuka peluang bagi pihaknya untuk masuk ke pembiayaan ritel dan mengembangkan unit bisnis syariahnya.

”Pembiayaan haji merupakan tipe pembiayaan dengan inherent risk yang sangat rendah. Biaya pendaftaran dapat kembali 100% kepada MNCGUI jika nasabah batal. Sedangkan bagi nasabah, program ini merupakan short cut untuk mendapatkan nomor antrian, jadi saling menguntungkan kedua belah pihak”, jelasnya lewat keterangan resmi, Jumat (12/3/2021).

Dia menjelaskan, Indonesia sebenarnya memiliki kuota haji yang sangat besar yakni 221.000 per 2020 mengingat posisi Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak. Namun karena tingginya permintaan masyarakat untuk ke Tanah Suci, kuota ini dirasa tidak mencukupi.

Di beberapa daerah antrian haji mencapai 40 tahun. Adapun jumlah calon jamaah haji yang mendaftar setiap tahunnya mencapai sekitar 600.000.

Lewat layanan SIAP Haji, MNCGUI menargetkan akan membiayai lebih dari 100.000 calon jamaah haji dalam waktu lima tahun ke depan, tidak termasuk pembiayaan umrah.

Paulus menjelaskan, SIAP Haji telah mendapatkan rekomendasi Dewan Pengawas Syariah yang telah tersertifikasi oleh Dewan Syariah Nasional dan telah memenuhi prinsip syariah dalam pelaksanaan pembiayaannya.

 “MNCGUI sedang mengembangkan unit bisnis syariahnya agar dapat mencakup lebih banyak segmen, pembiayaan ini merupakan langkah awal kami untuk masuk ke pembiayaan B to C, direct to customer, keluar dari zona nyaman kami di B to B financing,” lanjut Paulus Cholot Janala. 

Selain SIAP Haji, MNCGUI juga mempersiapkan SIAP Umrah sebagai produk pembiayaan syariah. Produk yang rencananya akan diluncurkan pada semester kedua 2021 ini memiliki sasaran pasar yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan ibadah umrah dijadikan alternatif oleh masyarakat Muslim untuk bisa ke Tanah Suci, dikarenakan antrian ibadah haji yang cukup panjang.

Jutaan Muslim Indonesia mengunjungi Mekkah untuk ibadah umrah setiap tahun. Selanjutnya, SIAP Haji dan SIAP Umrah akan menjadi bagian dari SIAP, aplikasi pembiayaan yang sedang dikembangkan oleh Perseroan.

Selain kedua produk di atas, SIAP akan dilengkapi dengan berbagai produk pembiayaan hasil kolaborasi dengan MNC Finance.

Misalnya, SIAP Dana Rumah, produk pembiayaan refinancing rumah dengan agunan Sertifikat Hak Milik (SHM) dari MNC Finance untuk pembiayaan modal kerja, multiguna dan investasi; juga SIAP Dana Mobil, produk pembiayaan refinancing mobil dengan agunan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil.

Semua fitur dalam aplikasi SIAP tersebut ditargetkan untuk diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc Ibadah Haji dana haji
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top