Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan melanyani nasabah di kantor Allianz di Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis - Abdurachman
Premium

Gerak Cepat Asuransi Demi Sebuah Era Transformasi

13 Maret 2021 | 08:00 WIB
Perusahaan asuransi mau tidak mau harus melakukan transformasi digital agar kinerja pemasaran mereka bisa terkerek pada masa pandemi Covid-19.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan asuransi yang berupaya memasarkan produknya melalui kanal digital selama tiga tahun terakhir harus gigit jari karena dirasa kurang optimal. Baru tahun ini kinerja pemasaran mereka bisa ‘ngebut’ lewat jalur internet.

Percepatan penetrasi asuransi lewat kanal digital sudah terlihat sejak periode awal 2020. Studi Nielsen Dipstick in March 2020 memaparkan sebanyak 5 persen konsumen telah melakukan pembelian asuransi untuk pertama kalinya karena Covid-19 dan 40 persen konsumen diperkirakan akan melakukan pembelian asuransi kembali dalam 12 bulan berikutnya.

Hasil studi Nielsen yang lain terkait dengan perubahan tren perilaku konsumen di Indonesia mengatakan 30 persen responden berencana untuk melakukan pembelian melalui daring lebih sering, mengikuti kebijakan tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Peluang tersebut pun tak disia-siakan, perusahaan asuransi kesehatan berlomba memberikan produk terbaik lewat digital sebagai perlindungan dan proteksi masyarakat pada saat pandemi.

Kepada Bisnis.com, Direktur & Chief of Partnership Distribution Officer PT Asuransi Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo bercerita panjang mengenai strategi perusahaan dalam berinovasi dalam berjualan asuransi lewat kanal digital.

Bianto menyampaikan pada era digital, pengguna lebih mudah dan lebih reseptif terhadap penawaran melalui daring, didorong oleh adopsi digital yang meningkat selama pandemi. Interaksi tatap muka nyaris tidak ada, semuanya dilakukan dari jarak jauh, sehingga masyarakat yang awalnya kagok menggunakan gawai untuk membeli asuransi, kini menjadi lihai.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top