Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Logo Bank BUMN - Istimewa
Premium

Kinerja Kuartal Pertama Bank BUMN. Siapa Paling Kinclong?

31 Mei 2021 | 13:52 WIB
Bank-bank BUMN, yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN telah merilis laporan keuangan kuartal I/2021. Dari keempatnya, siapa menorehkan kinerja paling kinclong pada awal tahun ini?

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank-bank milik negara menorehkan kinerja yang masih stabil di tengah masa pandemi pada kuartal pertama tahun ini. Hal ini membuat percetakan pendapatan mulai membaik.

Kendati demikian, upaya preventif dengan mengalokasikan pencadangan pada awal tahun masih menjadi prioritas pada awal tahun ini. Hal ini pun menggerus percetakan laba banyak bank besar milik negara.

Di luar itu, ada pertukaran aset di antara bank-bank besar milik negara ini seiring dengan rampungnya proses merger PT Bank Syariah Indonesia Tbk.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah mengatakan bank-bank besar sudah mulai mendapat pertumbuhan kinerja yang cukup baik pada pertengahan kuartal II/2021.

Hal ini akan membuat pendapatan bunganya lebih baik ke depan, seiring dengan kualitas kredit masih sangat terjaga. Pertumbuhan DPK yang signifikan pun tak lantas membuat beban dana naik, karena lebih banyak didorong oleh tabungan dan giro.

Piter melanjutkan bank besar masih memiliki kesempatan yang cukup baik dalam peningkatkan pendapatan. Margin pada penempatan surat berharga pemerintah sangat lumayan, ketimbang menyalurkan kredit dengan risiko gagal bayar yang sangat tinggi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top