Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Langkah Investasi Aset Kripto & Bitcoin, Dijamin Aman!

Berikut 5 langkah mudah yang dapat dilakukan untuk memulai investasi aset kripto atau membeli Bitcoin dkk. Lakukan hal ini agar transaksi Anda aman!
Mata uang crypto Ethereum Emas pada dolar AS/ANTARA-Shutterstock/pri.
Mata uang crypto Ethereum Emas pada dolar AS/ANTARA-Shutterstock/pri.

Pesanan dan Metode Penyimpanan

4. Tempatkan Pesanan Aset Kripto
Setelah ada uang di akun, Anda telah siap untuk menempatkan pesanan aset kripto pertama. Ada ratusan aset kripto yang dapat dipilih, mulai dari nama yang terkenal seperti Bitcoin dan Ethereum hingga kripto yang lebih tidak jelas seperti Theta Fuel atau Holo.

Saat Anda akan memutuskan aset kripto mana yang akan dibeli cukup masukkan simbolnya, misalnya BTC untuk Bitcoin. Anda dapat membeli pecahan mata uang kripto yang memungkinkan Anda untuk membeli bagian kecil, namun berharga tinggi seperti Bitcoin atau Ethereum.

5. Pilih Metode Penyimpanan
Pertukaran mata uang kripto tidak didukung oleh perlindungan seperti Federal Deposit Insurance Corporation. Hal ini dapat menyebabkan risiko aset Anda dicuri atau diretas dan bahkan kehilangan, jika Anda lupa atau kehilangan kode untuk mengakses akun.

Jika Anda membeli kripto melalui broker, Anda mungkin tidak memiliki banyak pilihan bagaimana kripto disimpan. Namun, apabila memilih exchange cryptocurrency, Anda dapat memiliki banyak opsi sebagai berikut:

- Simpan Kripto di Bursa
Saat Anda membeli kripto, biasanya disimpan dalam dompet kripto yang dilampirkan ke bursa. Jika Anda tidak menyukai penyedia yang menjadi mitra exchange crypto Anda atau ingin memindahkannya ke lokasi yang lebih aman, Anda dapat mentransfernya dari bursa ke hot wallets dan cold wallets secara terpisah. Tergantung pada jumlah transfer, Anda mungkin harus membayar sedikit biaya untuk transaksi ini.

- Hot Wallets
Hit Wallets merupakan dompet kripto yang disimpan secara daring dan dijalankan di perangkat yang terhubung dengan internet seperti tablet, komputer, atau ponsel. Hot wallets memang tampak aman dan nyaman, tetapi ada risiko pencurian yang lebih tinggi karena masih terhubung ke internet.

- Cold Wallets
Cold wallets tidak terhubung dengan internet menjadikannya pilihan paling aman untuk menyimpan aset kripto Anda. Mereka menggunakan perangkat eksternal seperti USB atau drive. Namun, Anda tetap harus berhati-hati jika kehilangan kode kunci yang terkait dengan akun tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper