Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UangMe Gandeng RTmart, Sediakan Layanan Paylater bagi UMKM

Fintech P2P lending UangMe menggandeng RTmart untuk memberikan kemudahan akses permodalan melalui skema bayar tunda atau paylater.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  15:13 WIB
UangMe Gandeng RTmart, Sediakan Layanan Paylater bagi UMKM
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku UMKM yang telah bergabung ke ekosistem digital bisa berkembang lewat mengakses permodalan yang pas, salah satunya lewat skema bayar tunda atau Paylater.

Hal ini diungkap dalam diskusi virtual besutan platform peer-to-peer lending PT Uangme Fintek Indonesia (UangMe) bersama platform e-commerce sekaligus distribution network RTmart Grup Indonesia (rt-mart.id) di FIN Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021, Senin (25/10/2021).

Momog Irnawan, Presiden Direktur RTmart menjelaskan bahwa pihaknya menggandeng UangMe sebagai salah satu lembaga pinjaman untuk kelancaran usaha para merchant.

Namun, supaya lebih efektif dan tidak memberatkan pelaku usaha, akses pinjaman ini langsung berupa paylater terhadap barang yang dibutuhkan untuk stok. 

"Kerja sama ini bukan berbentuk pinjaman online, tapi berbentuk paylater. Jadi yang kita berikan pada pelaku usaha, warung atau toko sebagai merchant kami itu bukan uang, tapi langsung barang," ujarnya.

Pasalnya, RTmart melihat salah satu kesalahan merchant UMKM ketika kedatangan distributor itu asal 'kulakan'. Akhirnya, dengan kas yang terbatas dan strategi bisnis yang belum terlalu matang, belanja yang dihasilkan UMKM pun terkadang tidak optimal dan efektif.

Oleh sebab itu, sebagai platform yang menghubungkan lebih dari 16.000 merchant dengan lebih dari 39.000 lebih konsumen dan 5 distributor FMCG terkemuka, RTmart bakal memberikan pendampingan dan akses yang dibutuhkan di segala lini, dengan harapan pelaku UMKM lebih mudah dan efisien dalam mengembangkan usaha.

"Kami bantu secara end to end, dari mulai mencari barangnya, soal size, harga yang bagus untuk belanja, termasuk harga jual. Terutama, kami mau edukasi pelaku UMKM itu jangan stok berlebihan. Karena kami lihat banyak UMKM yang bangkrut itu karena punya kebiasaan asal ada kunjungan sales, dia belanja. Kami akan bantu screening, supaya modal yang keluar jadi optimal," tambahnya.

Terakhir, platform RTmart juga bisa digunakan untuk memperbanyak konsumen yang terhubung dengan platform, sekaligus mempermudah jaringan distribusi karena platform telah memiliki infrastruktur logistik di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Manado, serta pengembangan di Jawa Timur & Bali. 

Vincent Jaya Saputra, Presiden Direktur UangMe menjelaskan bahwa akses paylater di platform RTmart bukan hanya tersedia untuk merchant, namun juga konsumen.

Akses paylater terutama berguna untuk mengoptimalkan arus kas ketika ada kebutuhan mendadak di akhir bulan. Paylater bisa dianggap lebih efektif karena langsung mengarah ke kebutuhan yang diperlukan, tidak seperti pinjaman cash loan yang bisa 'menggoda' pengguna menggunakan uangnya untuk hal lain.

"Karena kami sadar, plaform P2P tidak bisa bekerja sendiri. Makanya UangMe mau menggandeng RTmart karena melihat kami ada visi yang sama, yaitu untuk melayani kebutuhan masyarakat di kala sulit, sekaligus memperlancar usaha UMKM di Indonesia," jelasnya.

Sekadar informasi, UangMe merupakan fintech P2P lending yang berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan performa akumulasi penyaluran pinjaman Rp4,85 triliun, disumbang Rp662 miliar sepanjang 2021, dengan sisa outstanding Rp313 miliar, dan tingkat keberhasilan pengembalian pinjaman 90 hari (TKB90) bertahan di 100 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

P2P lending paylater
Editor : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top