Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Di tengah pandemi, merger dan akuisisi telah menyentuh hampir Rp100 Triliun. Bisnis / Eusebio Chrysnamurti
Lihat Foto
Premium

Meraba Aksi Akuisisi 2022, Perbankan dan Finansial Jadi Sasaran Empuk?

Frekuensi aksi akuisisi perusahaan pada 2022 diperkirakan melanjutkan tren 2021. Lalu sektor apa yang akan menjadi primadonanya?
Aziz Rahardyan, Dionisio Damara & Rinaldi M. Azka
Aziz Rahardyan, Dionisio Damara & Rinaldi M. Azka - Bisnis.com
27 Desember 2021 | 07:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Fenomena saling caplok alias akuisisi antarkorporasi di Indonesia sepanjang tahun ini, rupanya masih tergolong ramai walaupun masih dibayangi pandemi Covid-19. Tren ini diperkirakan berlanjut pada 2022, terutama dari sektor perbankan dan keuangan.

Adapun, aksi akuisisi di sektor keuangan dan perbankan menjadi salah satu yang menarik perhatian investor sepanjang tahun ini. Sejumlah nama besar korporasi di Tanah Air pun terlibat dalam aksi akuisisi yang terjadi di sektor tersebut.

Terbaru emiten konglomerasi media dan hiburan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) yang juga berhubungan dengan Grab dan Bukalapak, baru saja menuntaskan proses akuisisi 93 persen saham PT Bank Fama Internasional, lewat PT Elang Media Visitama. 

Sebelumnya pada awal tahun, pemilik raksasa e-commerce Shopee, Sea Group, mengakuisisi Bank Kesejahteraan Ekonomi dan kini telah berganti nama menjadi PT Bank Seabank Indonesia.

Berikutnya, , yaitu grup Gojek-Tokopedia pun mencoba peruntungan memasuki bisnis perbankan dengan mengakuisisi saham PT Bank Jago Tbk. (ARTO) melalui anak usahanya PT Dompet Karya Anak Bangsa atau GoPay. 

Adapun, Akulaku Grup yang memiliki entitas marketplace dan multifinance dengan nama yang sama, serta fintech peer-to-peer (P2P) lending PT Pintar Inovasi Digital (Asetku), lewat PT Akulaku Silvrr Indonesia resmi mengakuisisi 24,9 persen saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB). 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top