Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kopra dan Livin', Mengenal Super Platform dan Super App Milik Bank Mandiri

Bank Mandiri berkomitmen melakukan transformasi digital dan berinovasi untuk mampu bersaing serta dapat menjawab kebutuhan melalui superapp Livin' by Mandiri danWholesale Digital Super PlatformKopra by Mandiri.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 Februari 2022  |  16:05 WIB
Tampilan layar menampilkan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi memberikan sambutan saat Pelepasan Jelajah BUMN 2021 BUKANJAGOKANDANG di Jakarta, Kamis (29/7/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Tampilan layar menampilkan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi memberikan sambutan saat Pelepasan Jelajah BUMN 2021 BUKANJAGOKANDANG di Jakarta, Kamis (29/7/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Sepanjang 2021, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) membukukan laba bersih yang tumbuh 66,8 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp28,03 triliun.

Pertumbuhan kinerja positif emiten bersandi saham BMRI ini tak terlepas dari upaya perseroan dalam mengakselerasi dan mengoptimalkan transformasi digital yang berteknologi tinggi.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyatakan perseroan berkomitmen penuh melakukan transformasi digital dan berinovasi untuk mampu bersaing serta dapat menjawab kebutuhan nasabah.

“Kami meyakini bahwa teknologi digital akan terus mengubah lanskap perbankan Indonesia ke depan, seiring dengan arus migrasi aktivitas masyarakat ke saluran digital yang kian pesat,” kata Darmawan dalam Laporan Tahunan 2021 Bank Mandiri bertajuk ‘Melanjutkan Transformasi Digital dan Inovasi Perbankan,” dikutip Sabtu (26/2/2022).

Bank Mandiri menghadirkan solusi perbankan digital melalui superapp Livin’ by Mandiri dan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri pada 2 Oktober 2021.

Darmawan menjelaskan. untuk superapp Livin’ by Mandiri, perseroan menghadirkan customer experience selayaknya layanan cabang dalam genggaman yang dispesifikasi ke nasabah ritel.

Sedangkan, Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri memberikan layanan digital single access kepada nasabah wholesale.

“Livin’ by Mandiri merupakan sebuah layanan perbankan berbasis aplikasi yang mengintegrasikan semua kebutuhan transaksi finansial nasabah mulai dari kebutuhan pembukaan rekening baru secara online, transaksi pembayaran, terkoneksi dengan ekosistem marketplace hingga investasi,” ujarnya.

Adapun, jumlah pengguna Livin’ by Mandiri telah mencapai hampir 10 juta atau tepatnya 9,8 juta sampai dengan akhir 2021.

Volume transaksi nasabah melalui Livin’ by Mandiri telah mencapai lebih dari 1,5 miliar, di mana untuk transaksi finansial tercatat sebanyak 995 juta atau tumbuh hingga 60,3 persen yoy.

Sementara itu, nilai transaksi Livin’ juga telah menyentuh Rp1.630 triliun atau tumbuh 52 persen yoy.

“Secara keseluruhan, lebih dari 98 persen transaksi ritel perbankan Bank Mandiri telah dilakukan secara digital selama 2021,” terangnya.

Selain Livin’ by Mandiri, BMRI juga menghadirkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri untuk mengakomodir semakin dinamisnya kebutuhan dan ekosistem nasabah segmen Wholesale yang merupakan core-business eksisting.

“Selain memberi solusi keuangan terbaik bagi para nasabah korporasi, tujuan hadirnya Kopra by Mandiri juga untuk memperkuat kolaborasi bersama Mandiri Group, serta kami percaya akan membantu Bank Mandiri menjadi bank pilihan utama dan kepercayaan nasabah,” paparnya.

Layanan Kopra by Mandiri memberikan layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis pelaku usaha di segmen wholesale dari hulu ke hilir.

Kopra by Mandiri

Kopra by Mandiri juga mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi Wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO) dengan fitur Cash Management, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, serta Online Custody.

Darmawan menjelaskan, Kopra by Mandiri terbagi dalam tiga varian layanan, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership yang menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah di segmen wholesale.

Sementara itu, nilai transaksi wholesale channel Bank Mandiri tercatat mencapai Rp13.500 triliun di 2021 atau sekitar 35 persen dari market share transaksi digital di Tanah Air.

Jika dirinci, transaksi wholesale channel Bank Mandiri ini antara lain meliputi transaksi trade finance sebesar Rp553 triliun, bank guarantee sebesar Rp94,3 triliun, dan transaksi cash management sebesar Rp11,411 triliun.

Di samping itu, Darmawan membeberkan strategi Digital Banking Bank Mandiri di 2022, yakni dengan terus memperbaiki dan meningkatkan fitur-fitur yang ada pada produk dan layanan unggulan Livin’ dan Kopra.

“Untuk Livin’, Bank Mandiri berencana menambahkan fitur transfer valas 24/7, personalized rate, DigiWealth, Personal Financial Advisor serta fitur Buy Now Pay Later,” tuturnya.

Untuk Kopra, lanjut Darmawan, Bank Mandiri mengagendakan penambahan fitur online onboarding transaction products, meningkatkan kualitas asisten virtual, dan menambahkan sejumlah produk lainnya hingga satu akses yang dijadwalkan berlangsung pada triwulan I/2022.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri digital
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top