Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNI (BBNI) Catat Penyaluran Kredit Xpora Capai Rp2,49 Triliun di 2021

BNI (BBNI) terus berupaya mendorong UMKM untuk naik kelas dan go global.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  21:00 WIB
Gedung BNI - Istimewa
Gedung BNI - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) telah menyalurkan kredit sebesar Rp2,49 triliun melalui program Xpora pada 2021. Perseroan terus berupaya mendorong UMKM untuk naik kelas dan go global.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan BNI menyediakan Xpora HUB untuk melayani UMKM-UMKM atau tenant yang ingin mendapatkan konsultasi pengembangan bisnis go global.

Melalui Xpora, BNI proaktif mempertemukan UMKM dan membuka akses pasar dengan business matching pelaku usaha luar negeri. Secara fisik, Xpora Hub telah berada di 7 lokasi seperti Jakarta, Bandung, dan Solo.

“Penyaluran kredit Xpora per akhir 2021 telah mencapai Rp2,49 triliun, dan terus tumbuh secara positif pada awal tahun ini,” kata Royke dalam siaran pers, Rabu (23/3/2022).

Royke menambahkan dengan memanfaatkan momentum perhelatan Inacraft 2022, perseroan telah mengikutsertakan pelaku UMKM mitra program Xpora untuk menampilkan produk - produk terbaiknya dalam pameran kerajinan terbesar di Indonesia.

Partisipasi BNI pada inacraft 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan BNI terhadap kebangkitan UMKM pascapandemi Covid-19. Selain itu, melalui event ini, BNI ingin mengajak UMKM-UMKM untuk dapat berkembang dan lompat lebih tinggi melalui Program Xpora.

"Kami harap momentum Inacraft dapat menjadi akselerator peningkatan kinerja pelaku UMKM seiring dengan pandemi yang mulai Pandemi Covid-19 yang mulai mereda," kata Royke.

Royke menambahkan pelaku UMKM yang ikut serta dalam Inacraft 2022 telah mengikuti proses kurasi yang ketat sehingga mampu menampilkan produk berkualitas dan menyasar masyarakat kelas menengah atas.

"Selain pasar luar negeri, tentunya konsumsi masyarakat yang besar juga menjadi target pasar yang potensial bagi mitra Xpora kami" sebutnya.

Sekadar informasi, Inacraft digelar pada 23 Maret - 27 Maret 2022. Pada hari pertama, Presiden Joko Widodo berkesempatan membukanya dengan didampingi oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki.

Beberapa pelaku UMKM yang diajak BNI untuk memamerkan produknya di Inacraft 2022 antara lain adalah Oscar Lawalata Culture, Batiksoul Guitar, Kourosh Pearl Lombok, Borneo Queen, Koperasi Batik Lasem, Saung Batik Wdrupadi, Ghazi Leather, Tais Belu, Jeryn Tenun Collection, Tenun Ikat Sumba Timur, Sepatu Warior, Sepatu Nokha, Tunggak Semi, Purunik, Debough Indonesia, Cemara Ceramics, dan Nuansa Porselen Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni umkm bbni
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top