Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank DKI Sabet The Best Performance Bank BPD Aset di Atas Rp30 Triliun BIFA 2023

Bank DKI menyabet penghargaan The Best Performance Bank kategori BPD dengan aset di atas Rp30 triliun dalam gelaran BIFA 2023.
Warga menggunakan fasilitas ATM Bank DKI di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga menggunakan fasilitas ATM Bank DKI di Jakarta, Senin (8/6/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Bank DKI menyabet penghargaan The Best Performance Bank untuk kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan aset di atas Rp30 triliun dalam gelaran Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2023.

BIFA merupakan merupakan metamorfosis dari acara tahunan Bisnis Banking Award (BIBA) yang sebelumnya hanya memberikan penghargaan kepada bank paling efisien dan memiliki kinerja terbaik, serta Bisnis Indonesia Insurance Award (BIIA) untuk asuransi.

BIFA 2023 yang membawa tema Digitalisasi Finansial: Inklusif dan Berkelanjutan menjadi ajang penghargaan bagi pelaku industri yang mampu bertahan, bertransformasi, dan menjaga performa pasca pandemi Covid-19. 

Setiap tahunnya, ajang ini terus melakukan penyempurnaan. Pada tahun ini ada penambahan kategori dan parameter  penilaian, selain mempertahankan metode dan proses seleksi yang telah berjalan. 

Data laporan perusahaan finansial diolah, dianalisis, dan diproses penetapan melalui sidang dewan juri independen yang memiliki pengalaman panjang serta berpengetahuan luas dalam industri perbankan, asuransi, multifinance, dan fintech.

Adapun, penilaian untuk sektor perbankan dibagi menjadi dua kriteria, yaitu The Best Performance Bank dan The Most Efficient Bank. Dua kriteria ini terdiri atas 8 kategori penghargaan yakni untuk KBMI 4, KBMI 3, KBMI 2, KBMI 1, dan BPD beraset lebih dari Rp30 triliun, BPD dengan aset antara Rp15 triliun sampai Rp30 triliun, BPD beraset di bawah Rp15 triliun, serta bank syariah.

Bank DKI sendiri menyabet penghargaan The Best Performance Bank untuk kategori BPD dengan aset di atas Rp30 triliun dalam gelaran BIFA 2023.

Bank memang telah mencatatkan kinerja moncer setidaknya hingga paruh pertama 2023. Bank DKI telah menyalurkan kredit dan pembiayaan Rp50,11 triliun sepanjang semester I/2023.

Kinerja kredit mengalami kenaikan 14,82 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari sebelumnya atau semester I/2022 sebesar Rp43,64 triliun.

Dana pihak ketiga (DPK) juga tumbuh sebesar 9,91 persen yoy menjadi Rp66,75 triliun pada Juni 2023, dari Rp60,73 triliun per Juni 2022. 

Pertumbuhan DPK didominasi pertumbuhan dana murah (CASA) kuartal II/2023, dengan giro tumbuh 5,03 persen menjadi sebesar Rp15,2 triliun pada Juni 2023, dari sebelumnya Rp14,47 triliun di Juni 2022, sedangkan tabungan tumbuh 10,75 persen menjadi Rp10,83 triliun, dari sebelumnya Rp9,78 triliun di Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper