Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putuskan Tebar Rp70,9 Miliar, Ini Tren Dividen WOM Finance (WOMF)

WOM Finance melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) memutuskan membagikan dividen tunai sebanyak Rp70,92 miliar
Karyawati melayani nasabah di salah satu kantor cabang PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (7/8/2023). Bisnis/Abdurachman
Karyawati melayani nasabah di salah satu kantor cabang PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (7/8/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan pembiayaan (multifinance) atau leasing PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) atau WOM Finance melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) memutuskan membagikan dividen tunai sebanyak Rp70,92 miliar untuk tahun buku 2023.

Melalui keputusan tersebut, WOM Finance membagikan jumlah dividen tunai sekitar 30% dari laba bersih yang mencapai Rp236,41 miliar pada tahun lalu. Artinya, emiten bersandi saham WOMF itu akan menebar dividen senilai Rp70,92 miliar kepada pemegang saham.

Presiden Direktur WOM Finance Djaja Suryanto Sutandar menyampaikan bahwa setiap pemegang saham akan memperoleh dividen sekitar Rp20,37 per saham. 

Selain itu, laba bersih tahun buku 2023 akan digunakan sebagai dana cadangan umum sebanyak Rp2,5 miliar. Serta, sisanya atau sebesar Rp162 miliar akan dicatat sebagai laba ditahan.

Berdasarkan Laporan Tahunan & Laporan Keberlanjutan 2023, WOM Finance menyampaikan tren pembagian dividen tunai selama lima tahun terakhir, yaitu untuk tahun buku 2018–2022.

Untuk tahun buku 2018, WOM Finance menebar dividen dengan rasio pembayaran sebesar 30% dari laba bersih atau senilai Rp18,5 per saham. Pada tahun buku 2019, perusahaan kembali membagikan dividen dengan rasio sebesar 30% dan dividen Rp22,4 per saham.

Namun, WOM Finance terpantau pernah absen menebar dividen untuk tahun buku 2020.

Pada tahun buku 2020, WOM Finance membukukan laba tahun berjalan Rp57,37 miliar, turun 77,90% dibandingkan periode sama tahun 2019 senilai Rp259,67 miliar. Penurunan laba tahun berjalan WOMF disebabkan dengan turunnya pendapatan karena melemahnya sisi permintaan.

“Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan pada 30 Maret 2021, perseroan menetapkan tidak membagikan dividen karena laba untuk Tahun Buku 2020 digunakan untuk dana cadangan umum dan sebagian dialokasikan sebagai laba ditahan untuk memperkuat modal perseroan,” demikian yang dikutip dari Laporan Tahunan & Laporan Keberlanjutan 2021 WOM Finance, Jumat (29/3/2024).

Selanjutnya, WOM Finance kembali membagikan dividen dengan rasio sebesar 30% dari laba bersih perusahaan untuk tahun buku 2021. Nilai dividen yang dibagikan adalah Rp9,5 per saham. Lalu, WOMF membagikan rasio dividen sebesar 30% dengan nilai Rp17,0 per saham untuk tahun buku 2022. 

----------------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper