Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KARTU KREDIT: 2018, 90% Sudah Gunakan PIN

Bank Indonesia (BI) memastikan pada 2018 mendatang, sebanyak lebih dari 90% kartu kredit telah memiliki personal identification number (PIN) 6 digit.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bisnis.com, SURABAYA -- Bank Indonesia (BI) memastikan pada 2018,   lebih dari 90% kartu kredit  memiliki personal identification number (PIN) 6 digit.
 
Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs mengatakan terhitung mulai 1 Juli 2015, semua kartu kredit baru atau renew, wajib menggunakan PIN 6 digit. Dia menjelaskan dengan aturan tersebut, setidaknya sebagian besar penerapan PIN 6 digit akan terealisasi mengingat kartu kredit di Indonesia memiliki masa berlaku berkisar 3-5 tahun.
 
"Artinya, setidaknya pada 2017 atau 2018, sudah lebih dari 90% kartu kredit di Indonesia menggunakan PIN. Jadi pasti 1 Juli 2020 semua sudah pakai PIN," ujar Peter di Surabaya, Sabtu (13/12/2014).
 
Adapun, sebelumnya BI menetapkan setiap kartu utang di Indonesia harus memiliki PIN 6 digit pada 1 Januari 2015. Namun, melihat ketidaksiapan industri perbankan untuk menerapkan hal tersebut, membuat BI merevisi kembali Surat Edaran Nomor 14/17/DASP tentang Alat Pembayaran Kartu.
 
Perubahan tersebut yaitu terhitung mulai 1 Juli 2015, seluruh penerbitan kartu baru dan perpanjangan kartu wajib menggunakan PIN 6 digit. Lalu, kartu lama yang belum habis masa berlakunya tetap dapat digunakan pemegang kartu, tapi saat waktu penggantian harus diganti dengan kartu dengan PIN 6 digit.
 
Selanjutnya, seluruh acquirer kartu kredit diwajibkan menggantikan atau meningkatkan standar keamanan electronic data capture(EDC) dan host system paling telat 30 Juni 2015.
 
BI juga memberikan masa transisi atas pemrosesan transaksi produk kartu utang tersebut sampai 30 Juni 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper