Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Ekonomi: BI Prediksi Berada di Kisaran 5,4%-5,8%

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini bertumbuh pada kisaran 5,4% hingga 5,8%.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini bertumbuh pada kisaran 5,4% hingga 5,8%.

Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo mengatakan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini akan ditopang oleh ekspansi investasi pemerintah yang sejalan dengan peningkatan kapasitas fiskal untuk mendukung kegiatan ekonomi produktif.

"Termasuk pembangunan infrastruktur sebagaimana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2015 yang telah disetujui oleh DPR," ujarnya saat konferensi pers di Gedung BI, Selasa (17/2/2015).

Pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal IV/2014 sebesar 5,01% year on year (yoy) meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 4,92% yoy.

"Itu menandai siklus perlambatan ekonomi yang berlangsung sejak beberapa tahun terakhir telah melewati titik terendah pada kuartal III/2014," kata Agus.

Dia menuturkan perbaikan pertumbuhan ekonomi tersebut didorong adanya peningkatan permintaan domestik, khususnya investasi bangunan dan konsumsi pemerintah.

"Konsumsi rumah tangga masih tetap kuat meski melambat sejalan dengan kebijakan stabilisasi ekonomi. Dari sisi eksternal, kinerja ekspor mencatat konstraksi cukup dalam terutama akibat lemahnya permintaan negara emerging dan turunnya harga komoditas," terangnya.

Kendati demikian, secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun lalu mencapai 5,02% lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya akibat lemahnya pertumbuhan ekonomi global dan kebijakan stabilisasi makro ekonomi.

Perlambatan ekonomi, lanjutnya, terjadi di sejumlah daerah penghasil tambang seperti provinsi Aceh, Kalimantan Timur Riau, dan Papua.

"Kinerja daerah yang mengandalkan sektor manufaktur seperti Jawa dan Jakarta masih tumbuh relatif cukup kuat," ucap Agus.

Sebelumnya, para ekonom menilai pemerintah terlalu optimistis mematok target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7%.

Ekonom dari Universitas Gajah Mada (UGM) Tony Prasetiantono memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2015 hanya sebesar 5,5%.

"Pertumbuhan tahun ini saya perkirakan hanya 5,5% tidak terlalu jauh dari target pemerintah 5,7%. Saya kira pemerintah sangat optimis dengan target itu," ujarnya.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani juga memprediksi pertumbuhan ekonomi hanya berkisar 5,2% hingga 5,5%.

"Kalau target pertumbuhan 5,7% itu sulit karena harus diingat bahwa pertumbuhan ekonomi global juga sedang bergejolak," ucapnya

Kepala Ekonom dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Anggito Abimanyu mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya berkisar 5,2% hingga 5,4%.

"Ada hambatan laju pertumbuhan ekonomi dari sisi permintaan agregat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper