Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Raup Laba Rp1,08 T pada Semester I/2015

Laba yang dikumpulkan PT Pegadaian mencapai Rp1,083 triliun atau 60,1% dari target perseroan akhir tahun sebesar Rp1,8 triliun hingga semester I/2015.
Pegadaian. /Jibi
Pegadaian. /Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Laba yang dikumpulkan PT Pegadaian (Persero) mencapai Rp1,083 triliun atau sudah 60,1% sepanjang semester I/2015 dari target perseroan pada akhir tahun ini sebesar Rp1,8 triliun.

Dwi Agus, Direktur Pegadaian, mengatakan peningkatan laba signifikan ditopang oleh stabilnya harga emas pada awal tahun ini.

“Memang harga emas masih turun, tapi cenderung stabil dibandingkan dengan tahun lalu yang turun drastis. Di bisnis kami butuh kestabilan,” katanya, Rabu (5/8/2015).

Adapun, dia mengatakan adanya cadangan kerugian penurunan nilai (CKPR) akibat harga emas yang melandai membuat laba perseroan tertekan pada tahun lalu.

Pada tahun ini, katanya, Pegadaian juga mendapatkan kompensasi dari menguatnya dolar AS sekitar Rp13.500 sehingga membuat harga emas tidak turun.

“Efeknya harga emas per gram dalam rupiah itu tidak turun, masih meningkat sedikit. Itu juga yang membuat kami masih tumbuh,” ujarnya.

Sampai Juni 2015, outstanding pembiayaan Pegadaian mencapai Rp31,4 triliun. Dari jumlah itu, komposisi bisnis gadai mencapai 95% sedangkan 5% sisanya merupakan pembiayaan mikro fidusia. 

Sejak awal tahun, pembiayaan baru gadai mencapai Rp7 triliun. Jumlah omset kumulatif mencapai Rp57 triliun hingga semester I/2015.

Adapun, rasio nonpembiayaan bermasalah masih di bawah 0,5% atau stabil. Pascalebaran, tuturnya, outstanding pembiayaan sudah merangkan naik dibandingkan dengan sebelum lebaran yang sempat turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Irene Agustine

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper