Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maybank Syariah Alokasikan Rp230 Miliar untuk UMKM

PT Bank Maybank Syariah Indonesia mengalokasikan pembiayaan untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp230 miliar tahun ini.
Maybank/Jibiphoto
Maybank/Jibiphoto

Bisnis.com,JAKARTA-- PT Bank Maybank Syariah Indonesia mengalokasikan pembiayaan untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp230 miliar tahun ini.

Head of Business Banking Maybank Syariah, Fadillah Amri, mengatakan hingga akhir tahun alokasi tersebut diharapkan dapat tersalurkan seluruhnya. Namun, dia menilai pembiayaan ke sektor ini masih terbilang positif bila sudah mencapai Rp100 miliar sebagaimana dengan yang diatur oleh Bank Indonesia.

"Itu target BI 5% dari outstanding yang kita berikan. Di kita kira-kira Rp100 miliar. Tapi, kita berharap bisa di angka Rp230 miliar, katanya, Selasa (18/8/2015).

Dikatakan, dana ini akan disalurkan secara langsung dan tidak langsung kepada nasabah. Secara tidak langsung, dana ini akan disalurkan melalui berbagai lembaga keuangan, yaitu Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), koperasi, dan Baitul Maal wa Tamwil (BMT).

Hingga saat ini, pembiyaaan ke segmen UMKM Maybank Syariah baru sebesar Rp 25 miliar. Dari total tersebut, sebesar Rp 17,5 miliar berasal dari pembiayaan secara tidak langsung ke dua Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), yakni BPRS Artha Madani sebesar Rp8,5 miliar dan BPRS HIK Cibitung Rp9 miliar.

Fadil mengatakan, bentuk pembiayaan secara tidak langsung kepada kedua BPRS adalah executing dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun.

Ke depan, lanjutnya, Maybank Syariah menargetkan dapat menggaet 30 lembaga keuangan untuk menyalurkan pembiayaan di segmen UMKM ini. Selain itu, Maybank juga akan melebarkan sayap pembiayaan di luar Jabodetabek, seperti menyasar beberapa daerah di Jawa Barat.

Hingga Juni 2015, tercatat hampir 100% penyaluran pembiyaaan Maybank Syariah ditujukan ke sektor korporasi, yaitu sebesar Rp 1,6 triliun. Sementara ke segmen UMKM sendiri baru dimulai per April lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper