Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Mendesak Bank BJB Penuhi Syarat Jadi Penyalur KUR

Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 Jawa Barat memacu pelaku industri perbankan di Tanah Priangan, khususnya Bank BJB untuk turut berkontribusi dan terlibat dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com
Ilustrasi PT Bank Jabar Banten Tbk/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG—Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 Jawa Barat mendesak pelaku industri perbankan di Tanah Priangan, khususnya Bank BJB untuk turut berkontribusi dan terlibat dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Kepala Otoritas Jasa Keuanga (OJK) Regional 2 Jawa Barat Sarwono memandang PT Bank Pembangunan Daerah Jabar dan Banten, Tbk. atau Bank BJB perlu menjadi garda terdepan dengan terlebih dahulu memperbaiki NPL kredit UMKM, terutama kredit mikronya.

“Kalau bank di Jabar pemeran utamanya itu Bank BJB. Mereka punya peran hingga 70% dari total aset tujuh bank umum yang berkantor pusat di Jabar. Banknya nanti kami akan panggil, kami akan challenge,” sebutnya selepas Pertemuan Tahunan OJK Regional 2 Jabar, Kamis (28/1/2016).

Dia mengatakan pemerintah mengarahkan penyalur KUR tidak hanya tiga bank, meliputi Bank Mandiri, BNI, dan BRI sebagaimana dijalankan tahun lalu. Bank tersebut, lanjutnya, akan kewalahan.

“Perlu ada LJK [lembaga jasa keuangan] lainnya yang ikut di dalamnya, bisa bank dan non-bank. Saya akan mendorong perbankan di sini ikut berkontribusi. Penuhi syaratnya, nanti kami akan rekomendasikan,” katanya.

Merespon dorongan dari pihak otoritas, ditemui selepas menghadiri Pertemuan Tahunan OJK Regional 2 Jabar, Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan menyatakan perseroannya siap untuk berkontribusi dalam penyaluran KUR.

“[Ditanya soal persyaratan NPL kredit UMKM, khususnya mikro, yang harus di bawah 5%] Insya Allah akan kami perbaiki. Bisalah. Harus bisa,” ucapnya kepada Bisnis sambil berlalu meninggalkan tempat acara.

Terdapat dua bank di daerah yang siap menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) pada 2016, yaitu Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Kalimantan Barat (Kalbar) dan Bank Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di luar itu, penyalur KUR pada tahun ini yaitu tiga bank milik pemerintah, dua bank umum swasta, dan satu lembaga keuangan non-bank (LKNB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper