Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan BRI Mendapat Penghargaan Best Domestic Bank dari Asiamoney

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mendapatkan penghargaan sebagai Best Domestic Bank in Indonesia 2016 selama tiga tahun berturut-turut. Hari Siaga Amijarso, Corporate Secretary Bank BRI, menjelaskan sejumlah alasan BRI memperoleh penghargaan itu.
Direktur Kepatuhan BRI Priyastomo (tengah) didampingi Managing Editor Asia Capital Markets Group Lorraine Cushnie (kiri) dan Asia Publisher Asiamoney Andreas Klimsa seusai penyerahan Penghargaan The Best Domestic Bank in Indonesia 2016 kepada BRI, di Hotel JW Marriot, Hong Kong, Rabu (21/9/2016).? /Bisnis-swi
Direktur Kepatuhan BRI Priyastomo (tengah) didampingi Managing Editor Asia Capital Markets Group Lorraine Cushnie (kiri) dan Asia Publisher Asiamoney Andreas Klimsa seusai penyerahan Penghargaan The Best Domestic Bank in Indonesia 2016 kepada BRI, di Hotel JW Marriot, Hong Kong, Rabu (21/9/2016).? /Bisnis-swi

Bisnis.com, HONG KONG - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mendapatkan penghargaan sebagai Best Domestic Bank in Indonesia 2016 selama tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Summer Awards Dinner yang diselenggarakan oleh Asiamoney pada Rabu malam (21/9/2016) di Hong Kong.

Hari Siaga Amijarso, Corporate Secretary Bank BRI, menjelaskan sejumlah alasan BRI memperoleh penghargaan itu.

Pertama, penghargaan ini diberikan setelah Asiamoney melakukan riset terhadap kinerja bank – bank di Indonesia periode awal tahun 2015 hingga akhir kuartal I tahun 2016.

Hari menjelaskan kinerja BRI triwulan II tahun 2016 yang tercatat positif. Hingga akhir Triwulan II tahun 2016, jumlah aset Bank BRI tercatat tumbuh sebesar 16,8% year on year (yoy) atau menjadi sebesar Rp872,9 triliun. Adapun laba triwulan II tercatat sebesar Rp12,047 triliun, tumbuh 1,6% dari periode yang sama 2015 yang sebesar Rp11,861 triliun. Bank BUMN itu pada akhir Desember 2015 mencetak laba Rp25,204 triliun yang menjadikan Bank BRI sebagai bank dengan laba terbesar di Indonesia selam 11 tahun berturut- turut.

Kedua, kata Hari, Bank BRI komit untuk fokus dan konsisten dalam melayani sektor Usaha Mikro, menjadi salah satu faktor penting penilaian oleh Asiamoney, sehingga Bank BRI mampu memenangkan penghargaan Best Domestic Bank in Indonesia for 2016.

Hingga akhir triwulan II tahun 2016, pertumbuhan penyaluran kredit di sektor usaha mikro tercatat sebesar 22,4% yoy atau menjadi sebesar Rp202,9 triliun, dengan jumlah nasabah yang meningkat menjadi 8,6 juta nasabah di triwulan II tahun 2016 dari 7,5 juta nasabah di triwulan II tahun 2015, serta tingkat NPL yang terjaga di level 1,49% (gross). Sedangkan pertumbuhan micro funding tercatat 15,9% yoy menjadi Rp. 190,4 triliun, dengan komposisi 83,9% merupakan Current Account Saving Account (CASA) atau dana murah.

Ketiga, kata Hari, Asiamoney menilai salah satu faktor yang membuat Bank BRI unggul dibandingkan para pesaing adalah inovasi dalam bidang jasa dan teknologi yang dilakukan tanpa henti.

Dengan dukungan jaringan 10.628 unit kerja konvensional, 23.126 jaringan ATM BRI, 210,688 EDC BRI, 892 CDM BRI dan 57 E-BUZZ, maka Bank BRI membutuhkan jaringan yang handal dalam melayani nasabah yang berjumlah lebih dari 58 juta orang.

Pada penghargaan yang sama yang diraih oleh Bank BRI pada tahun 2015 lalu, salah satu faktor yang utama yang membuat Bank BRI meraih penghargaan Best Domestic Bank in Indonesia adalah inovasi berupa Teras BRI Kapal “Bahtera Seva” yang beroperasi di Kepulauan Seribu. Adapun pada tahun 2016 ini, direncanakan Bank BRI akan meluncurkan 2 Teras BRI Kapal yang akan beroperasi di Kepulauan Halmahera dan Nusa Tenggara Timur.

Pertumbuhan yang cepat dari jaringan BRI telah menciptakan kebutuhan yang mendesak untuk komunikasi. Atas dasar tersebut, Bank BRI meluncurkan BRIsat pada pertengahan 2016 yang menjadikan Bank BRI sebagai Bank pertama dan satu – satunya di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri.

Di sisi lain, kehadiran satelit BRIsat sudah mulai bisa dirasakan manfaatnya oleh Bank BRI, salah satunya dengan pemanfaatan jaringan komunikasi yang digunakan oleh BRI Digital. BRI Digital yang terletak di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta merupakan outlet digital Bank BRI dengan teknologi terkini yang melayani kebutuhan transaksi dan informasi produk perbankan serta update seputar keuangan, investasi, transaksi e-dagang dan kebutuhan lainnya.

BRI Digital mengintegrasikan beberapa layanan perbankan secara terpadu dengan menyediakan beberapa fasilitas, antara lain Transparent Glass Interactive (Oled), Hybrid Machine, Smart Table, Cash Recycle Machine, Video Banking, E-UMKM Interactive, E-Board, Media Wall Interactive dan Online Banking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Setyardi Widodo
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper