Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Palembang Jangkau Agen Laku Pandai di Wilayah Pesisir

BNI Kantor Wilayah Palembang memperluas jaringan agen laku pandai di wilayah pesisir Sumatra Selatan yang selama ini minim layanan perbankan.
BNI
BNI

Bisnis.com, BANYUASIN, Sumsel - BNI Kantor Wilayah Palembang memperluas jaringan agen laku pandai di wilayah pesisir Sumatra Selatan yang selama ini minim layanan perbankan.

CEO BNI Wilayah Palembang Ryanto Wisnuardhy mengatakan potensi transaksi perbankan di wilayah pesisir Sumsel sebetulnya cukup tinggi.

"Mayoritas mata pencarian masyarakatnya adalah nelayan, kami ingin meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui Agen46," katanya seusai acara BUMN Mengajar di Desa Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Senin (24/10/2016).

Ryanto mengatakan sebetulnya pihaknya cukup selektif dalam menggandeng agen laku pandai. Salah satunya calon agen harus memiliki toko yang aktif dalam kegiatan perdagangan.

Menurutnya, pihaknya juga melihat potensi daerah dalam mengembangkan agen laku pandai. Jika aktivitas ekonomi di daerah tersebut menggeliat maka tidak menutup kemungkinan satu desa bisa memiliki tiga Agen46.

"Contohnya di Desa Sungsang ini kami telah mengajak tiga Agen46 karena potensi desa perairan itu memang tinggi dan minim akses perbankan," ujarnya.

Perusahaan mencatat saat ini telah memilik 1.327 Agen46 yang tersebar di lima provinsi di Sumatra Bagian Selatan. Ryanto mengemukakan pihaknya menargetkan bisa menggaet 5.000 agen laku pandai di wilayah operasional Kanwil Palembang.

Sementara itu, Agen46 di Desa Sungsang, Maimun, mengatakan pihaknya bisa melayani 20 hingga 50 transaksi perbankan per hari. "Transaksi paling banyak adalah transfer, tarik tunai sampai pembayaran untuk belanja online," katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Palembang, Panca Hadi Suryatno, mengatakan program Laku Pandai memang menyasar daerah yang tidak terjangkau jaringan kantor bank.

"Kami targetkan setiap bank itu bisa memiliki 600 agen per tahun, sampai akhir tahun target kami 3.000 agen," katanya kepada Bisnis.

Menurut dia, secara sebaran wilayah, keberadaan agen Laku Pandai di Sumsel baru ada di delapan kabupaten/kota dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper