Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KINERJA MULTIFINANCE: Pembiayaan Syariah Adira Capai Rp400 Miliar

BISNIS.COM, JAKARTA --- Pembiayaan yang disalurkan unit usaha syariah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk mencapai Rp400 miliar pada kuartal I tahun ini. I Dewa Made Susila, Direktur Keuangan PT Adira Dinamika Multi Finance, memaparkan pada kuartal
BISNIS.COM, JAKARTA --- Pembiayaan yang disalurkan unit usaha syariah PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk mencapai Rp400 miliar pada kuartal I tahun ini.
 
I Dewa Made Susila, Direktur Keuangan PT Adira Dinamika Multi Finance, memaparkan pada kuartal I ini sebanyak 15.434 unit sepeda motor dan 413 unit mobil yang dibiayai oleh unit usaha syariah ini.
 
“Paling banyak kendaraan baru dibandingkan bekas,” kata Made kepada Bisnis, Jumat (5/4/2013). Menurutnya, nasabah pembiayaan syariah ini tidak terkonsentrasi di sejumlah wilayah tertentu karena Adira 
menawarkan produk ini di seluruh jaringan pemasaran.
 
Menurutnya, investasi yang dilakukan Adira di unit usaha ini tidak banyak karena operasionalisasinya menggunakan jaringan pembiayaan konvensional yang sudah ada. “Penawarannya lewat cabang-cabang,” katanya.
 
Made mengatakan pendanaan unit usaha ini berasal dari tiga bank dalam negeri yakni BNI Syariah, Bank Panin Syariah dan Bank DKI Syariah. Adira juga menerbitkan senilai Rp379 miliar a.l berjangka waktu satu tahun dengan revenue sharing 6,85%, dua tahun 7,30% dan  tiga tahun 7,85%.
 
Unit usaha syariah ini dibuka sejak pertengahan tahun lalu. Made mengatakan per Desember 2012 pembiayaan syariah ini mencapai Rp6 triliun sedangkan laba bersihnya sebesar Rp46,6 miliar.
 
Menurutnya, salah satu perbedaan pembiayaan syariah dengan konvensional adalah akad kreditnya menggunakan kaidah-kaidah syariah. Made berujar tantangan yang dihadapi adalah ketentuan uang muka minimum (down payment/DP) yang mulai berlaku pada awal tahun ini. (msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Others
Sumber : Yodie Hardiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper