Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRI Klaim Bank Segmen Mikro Terbesar Dunia

Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., mengklaim saat ini menjadi bank dengan segmen mikro terbesar di dunia.
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 04 Maret 2014  |  12:39 WIB
 Bank BRI - Bisnis
Bank BRI - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., mengklaim saat ini menjadi bank dengan segmen mikro terbesar di dunia.

Direktur Keuangan BRI Achmad Baiquni menjelaskan hingga saat ini BRI tercatat sebagai bank dengan nasabah mikro terbesar di dunia. BRI berjanji akan terus konsisten menyasar segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kami menjadi bank mikro terbesar di dunia, kami akan terus fokus di segmen itu," paparnya saat berkunjung ke Redaksi Bisnis Indonesia, Selasa (4/3/2014).

BRI berupaya memacu penyaluran kredit ke segmen mikro yang dianggap memberikan yield lebih tinggi.

BRI memproyeksikan penyaluran kredit tahun ini tumbuh 20% - 22%. Porsi penyaluran kredit ke segmen mikro sepanjang 2014 diproyeksikan tumbuh hingga 23%, sedangkan ke segmen konsumer sekitar 20%. Adapun penyaluran kredit ke sektor korporat tahun ini diproyeksikan tumbuh sekitar 15%.

Melihat data tahun lalu, bisnis mikro BRI menunjukkan pertumbuhan. Dari 6,5 juta debitur kredit mikro, hingga Desember 2013 tercatat penyaluran Rp132,1 triliun atau tumbuh 23,7% dibandingkan periode yang sama 2012 yang hanya Rp106,8 triliun. Rasio kredit bermasalah di segmen ini dapat ditekan ke posisi 0,38%.

Target penyaluran kredit BRI tahun ini pun terbilang agresif hingga 22%. Target ini di atas arahan Bank Indonesia yang menetapkan 15% hingga 17% dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memproyeksikan di kisaran 16,9%. Tak heran target laba bersih BRI tahun ini pun dipatok lumayan tinggi hingga 12%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri bbri
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top