Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adira Targetkan Nasabah Tahun Ini Tumbuh 10%

Di Jawa Barat, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk menargetkan pada tahun ini jumlah nasabahnya bisa terus tumbuh diangka 8-10% dari jumlah nasabahnya selama 2013 yang mencapai 445.000.
Herdi Ardia
Herdi Ardia - Bisnis.com 26 Maret 2014  |  15:24 WIB
Bisnis.com, BANDUNG - Di Jawa Barat, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk menargetkan pada tahun ini jumlah nasabahnya bisa terus tumbuh diangka 8-10% dari jumlah nasabahnya selama 2013 yang mencapai 445.000. 
 
Deputy Regional Division Head PT Adira Dinamika Multifinance Regional Jabar Cucu Sumiarsa mengatakan, pihaknya telah memiliki cara untuk men-treatment nasabah agar tetap loyal atau pun menggaet calon nasabah baru.
 
"Secara nasional kami menargetkan nasabah menembus 2 juta orang. Dan setiap tahunnya akan terus tumbuh," katanya, kepada wartawan di sela-sela peluncuran Adira X-tra 1001 MotoGP Sepang di Bandung, Rabu (26/3/2014).
 
Market share nasabahnya di Bandung sejauh ini menjadi yang terbesar di bandingkan kota/kabupaten lainnya mencapai 30%.
 
Sedangkan mengenai nilai pembiayaan ditargetkanya mencapai Rp33-37 triliun. Khusus Jabar mencapai Rp4,5 triliun dari sebelumnya Rp4,2 triliun.
 
Saat disinggung mengenai angka kredit macet atau net credit loss (NCL) pada tahun tahun lalu diperkirakan tidak lebih dari 1,4% dari nilai pembiayaan.
 
NCL merupakan hitungan akuntansi perbankan untuk mengukur potensi kredit bermasalah (non performing loan/NPL). Besaran NCL masuk ke pos aset di neraca perbankan untuk menghitung seberapa besar pencadangan (Penyisihan Penghapusan Aset Produktif/PPAP) atau provisi untuk NPL.
 
"Kredit macet ini terjadi karena proses bisnis yang dilakukannya pelanggannya sendiri bukan dari kami," ujarnya.
 
Saat disinggung mengenai isu yang beredar di kalangan masyarakat bahwa tiga profesi yang sulit untuk mengajukan kredit seperti wartawan, advokat dan militer dibantahnya.
 
Menurut dia, selama ini pihaknya telah memiliki prosedur yang jelas dan objektif dalam menilai kelayakan seseorang untuk menjadi nasabah Adira atau layak dibiayai.
 
"Penilaian kami ada scoring dan pra survei. Jadi, penilaian kredit tidak melihat profesi seseorang termasuk wartawan. Kalau bisa bagi kami sebanyak mungkin orang yang mengajukan kredit," ujarnya.
 
Head of Corporate Communication PT Adira Multi Finance Tbk Silvi Tirawati menambahkan pada tahun ini pihaknya meluncurkan brand baru yakni 'Sahabat Setia Selamanya'.
 
Wujud nyata dari tagline tersebut adalah peluncuran proram "Adira X-tra Bonus 2014 : 1001 MotoGP Sepang". Hal ini sebagai bentuk sebagai bentuk apresiasi terhadap nasabahnya yang telah mempercayakan kreditnya kepada Adira.
 
Program tersebut merupakan tindak lanjjut program sebelumnya Adira X-tra Bonus : Goes to Old Trafford" yang dianggap telah sukses mengundang animo masyarakat.
 
"Oleh karena itu. Kami semakin termotivasi untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi para konsumen," ujarnya.
 
Lewat kegiatan ini pihaknya ingin memberikan apresiasi kepada konsumen setia untuk merasakan langsung setiap keuntungan yang diperoleh karena telah mempercayakan kredit kendaraan pada Adira.
 
Konsumen yang berkesempatan memenangkan Grand Prize menonton langsung MotoGP di Sepang adalah konsumen yang mengajukan kredit baru mulai periode 1 Maret-31 Agustus 2014 untuk mobil atau motor.
 

"Setelah periode berakhir, kami akan mengadakan pengundian yang disaksikan oleh notaris untuk menentukan 1001 pemenang Grand Prize," paparnya.(

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adira finance adira insurance
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top