Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satelit BRI, Mengorbit Kuartal II/2016

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk resmi menandatangani perjanjian kerja sama dalam pembuatan dan peluncuran satelit BRIsat dengan Space System/Loral (SSL) dan Arianespace di Jakarta, Senin (28/4/2014).
Galih Kurniawan
Galih Kurniawan - Bisnis.com 28 April 2014  |  13:09 WIB
Satelit BRI. Peluncuran pada kuartal II - 2016
Satelit BRI. Peluncuran pada kuartal II - 2016

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Rakyat Indonesia Tbk resmi menandatangani perjanjian kerja sama dalam pembuatan dan peluncuran satelit BRIsat dengan Space System/Loral (SSL) dan Arianespace di Jakarta, Senin (28/4/2014).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama BRI Sofyan Basir, Presiden Direktur SSL John Celli dan Senior Vice President Sales & Customer Arianespace Jacques Breton. Acara tersebut juga dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Kominfo Tifatul Sembiring dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

"Kesuksesan proyek satelit BRIsat merupakan prioritas kami yang tertinggi. Lebih dari 50 juta rakyat Indonesia mempercayai BRI untuk keperluan finansialnya," ujar Sofyan.
Menurutnya pemanfaatan satelit tersebut akan menghemat biaya komunikasi BRI yang diperkirakan mencapai Rp500 miliar lebih per tahun. Keberadaan satelit tersebut juga diharapkan akan mendorong inklusi finansial.

Satelit BRIsat rencananya akan diorbitkan di 150,5 derajat Bujur. Timur oleh peluncur Ariane 5 pada kuartal II/2016 dari Guiana Space Center, Europe's Spaceport di Kourou, French Guiana.

Satelit ini memiliki usia desain lebih dari 15 tahun dan memiliki 45 transponder. Berat satelit ini mencapai 3.500 kg. BRIsat akkan menyediakan sarana komunikasi untuk 9.800 kantor BRI dan lebih dari 100.000 outlet echannel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Satelit BRI
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top