Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ORANG KAYA DUNIA: Nilai Kekayaan Carlos Slim Melorot US$764,9juta

Kekayaan Carlos Slimorang terkaya kedua di duniaturun 1,1% atau sebesar US$764.9juta per tanggal 30 April 2014 kemarin. Dilihat dari perubahan YTD, berkurang US$7.4 miliar atau 10%.
Carlos Slim (kanan) dan Bill Gates/Reuters
Carlos Slim (kanan) dan Bill Gates/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kekayaan Carlos Slim—orang terkaya kedua di dunia—turun 1,1% atau sebesar US$764.9juta per tanggal 30 April 2014 kemarin. Dilihat dari perubahan Year-to-date (YTD), berkurang US$7,4 miliar atau 10%.

Pria Meksiko yang masuk dalam jajaran 5 orang terkaya di dunia ini mengontrol America Movil, terbesar operator telepon di Amerika. Orang yang terobsesi  New York Yankees —tim bisbol favoritnya— memiliki jabatan terbesar di bidang perbankan dan perusahaan asuransi Grupo Financiero Inbursa dan perusahaan pertambangan Minera Frisco. Serta saham di perusahaan publik seperti Philip Morris, New York Times dan Caixabank.

Slim telah mengumpulkan lebih dari US$5,5 milyar pendapatan dividen dalam dekade terakhir, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Berdasarkan analisis transaksinya seperti insider, kinerja pasar, investasi, sumbangan amal dan pajak, investor Meksiko mungkin memiliki lebih dari $ 6 miliar pada seni, kas dan aset investable lainnya.

Meraih gelar teknik sipil di Universitas Otonom Nasional Meksiko Sekolah Teknik pada tahun 1961 ini memulai perusahaan konstruksi Inmobiliaria Carso dan diinvestasikan selama krisis utang Meksiko tahun 1980-an untuk membeli kepentingan dalam tembakau, tembaga dan pertambangan saat usia 25 tahun. Selain itu, dia juga membeli restoran dan rantai ritel Sanborn Hermanos.

Satu dekade kemudian, 1990-an Slim mengambil alih Telmex—perusahaan telepon milik negara—dan Grupo Condumex, produsen kawat dan kabel serat optik. Dia mulai memperoleh operasi ponsel di seluruh Amerika Latin di bawah bendera Amerika Movil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Martin-nonaktif
Sumber : Bloomberg.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper